Cuaca Buruk, KMP Agung Samudera Kandas di Selat Bali

Senin, 05 Juni 2017 : 01.33
JEMBRANA - KMP Agung Samudera berhasil ditarik Tag Boat Haming Way setelah semalaman kandas di sisi utara ASDP Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana Bali. Upaya penarikan mulai dilakukan, Minggu (4/6/17) pukul 03.00 Wita.

Pada pukul 05.35 WITA KMP Agung Samudera telah sandar di Pelabuhan Gilimanuk dengan selamat. Mengangkut 18 penumpang dan 13 ABK kapal tersebut dikabarkan kandas pada Sabtu 3 Juni 2017 siang.

Kantor SAR Denpasar mengerahkan tim rescue dari Pos SAR Jembrana untuk membantu melakukan evakuasi terhadap POB yang berada di kapal tersebut.

Dengan menggunakan rubber boat tim mendekat ke posisi kapal nahas itu, dan memastikan kondisi keselamatan seluruh POB. Hingga pukul 15.10 WITA para ABK masih berupaya menguras air laut dan melakukan olah gerak kapal. Hanya saja, hingga petang KMP Agung Samudra masih juga kandas.

Akhirnya sekitar pukul 18.58 WITA penumpang kapal sebanyak 14 orang dievakuasi tim SAR gabungan denga menggunakan speed boat Polair Pelabuhan Gilimanuk. Sebanyak 4 orang penumpang lainnya beserta 13 ABK tetap bertahan di kapal. Seluruh penumpang yang terevakuasi dibawa ke ruang VIP ASDP Pelabuhan Gilimanuk.

Dalam operasi ini, potensi yang turut terlibat diantaranya Tim Rescue Pos SAR Jembrana, TNI AL Pos Gilimanuk, Polair Pos Pelabuhan Gilimanuk, dan Kepala Unit Pelabuhan Penyebrangan.

Akibat cuaca buruk belakangan ini, mengganggu aktivitas pelayaran di sekitar perairan Selat Bali Ketapang - Gilimanuk. Untuk itu, para pelaku transportasi laut dihimbau untuk berhati-hati saat melintasi perairan dengan cuaca ekstrim.

"Dengan kondisi cuaca ekstrim seperti ini, diharapkan kelengkapan keselamatan harus ready di kapal-kapal, pastikan kelengkapan keselamatan tersebut masih berfungsi dengan baik," ujar Kepala Kantor SAR Denpasar, Didi Hamzar. (rhm)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi