Bupati Tabanan Raih Penghargaan dari Pusaka Negara Sebagai Inspirator Pembangunan Daerah

Jumat, 16 Juni 2017 : 05.16
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti (tengah) bersama kepala daerah lainnya peraih penghrgaan dari Pusaka Negara sebagai Inspirator Pembangunan Daerah
JAKARTA - Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti kembali menorehkan prestasi dan meraih penghargaan begengsi di tingkat nasional. Kali ini, Bupati Tabanan meraih penghargaan dari Pusat Kajian Keuangan Negara (Pusaka Negara) sebagai Inspirator Pembangunan Daerah.
 
Penghargaan dari Pusaka Negara tersebut diterima bersamaan dengan kegiatan Dialog Publik Evaluasi dan Implementasi Otonomi Daerah yang berlangsung di Hotel Red Top, Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Bupati Tabanan menerima penghargaan tersebut karena dinilai berhasil dalam mengembangkan Desa Wisata, yang saat ini telah mencapai 27 desa wisata dengan target keseluruhan sebanyak 133 desa wisata di Tabanan.

Selain Bupati Tabanan, Pusaka Negara juga memberikan penghargaan sejenis kepada sejumlah kepala daerah di Indonesia.

Direktur Eksekutif Pusat Kajian Keuangan Negara, Prasetyo, mengatakan, sejumlah kepala daerah tersebut dipandang memiliki inovasi, terobosan, dan gagasan, sehingga mampu menginspirasi elemen pemerintahan maupun masyarakat dalam membumikan otonomi daerah.

"Mereka pantas diberikan apresiasi karena mampu mengimplementasikan gagasan ke dalam kebijakan pembangunan. Hasilnya pun dapat dirasakan secara nyata baik secara langsung maupun tidak langsung oleh masyarakat," katanya.

Prasetyo menambahkan melalui semangat Nawacita Presiden Jokowi yaitu membangun Indonesia dari daerah dan pinggiran, Pusat Kajian Keuangan Negara memberikan apresiasi itu sebagai wujud penghargaan agar para kepala daerah terus semangat dalam mengabdi kepada masyarakat.

Terkait pemberian penghargaan sebagai Inspirator Pembangunan Daerah, Bupati Eka Wiryastuti seusai penerimaan penghargaan mengatkan rasa syukurnya karena Tabanan kembali dipercaya dan mendapat apresiasi di tingkat nasional.

"Saya merasa bersyukur dengan mendapatkan penghargaan ini, karena sekian kalinya Tabanan mendapatkan apresiasi dan menjadi percontohan nasional, ini menjadi motivasi bagi saya pribadi agar tidak berhenti bergerak khususnya untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan," ujar Bupati Eka.

Mengenai pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Tabanan, Eka menyebutkan bahwa sekarang sudah ada 27 desa wisata, dan pada tahun ini direncanakan 16 Desa Wisata tambahan akan dilahirkan, dan akan terus ditingkatkan pada tahun-tahun kedepannya.

Bupati Tabanan berharap, dengan sudah terbangunnya Desa Wisata, dapat terintegrasi, dimana kabupaten tinggal mempromosikan dan mengenalkan desa kita secara nasional maupun internasional.

"Intinya adalah kita sedang membuat program pro rakyat, yang dibangun semua dari desa. Jadi desa harus maju, karena dari desa pondasi untuk kuat dan lancarnya pembangunan, kita juga akan memaksimalkan peran rakyat, karena mereka bisa jadi pelaku yg menjalankan dari pariwisata itu sendiri," paparnya.

Dalam acara yang turut dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Wakil Ketua BPK RI Bahrullah Akbar, Anggota BPK RI Isma Yatun, Rektor IPDN Ermaya Suradinata, serta para peneliti dan akademisi.

Terungkap juga, selain mendapatkan penghargaan dari Pusaka Negara, Bupati Eka Wiryastuti juga akan diekpose dan dimuat secara khusus di dalam majalah Keuangan Negara bersama sejumlah kepala daerah lainnya. (gus)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi