Berkomitmen Rawat NKRI dan Kebhinekaan, Forum Stovia Bali Dideklarasikan

Sabtu, 17 Juni 2017 : 18.19
Deklarasi Forum Stovia Bali di Denpasar (foto:istimewa) 
DENPASAR - Dengan semangat mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan merawat kebhinekaan di Tanah Air para dokter mendeklarasikan diri terbentuknya Forum Stovia Bali.

Lahirnya forum yang beranggotakan para dokter di Bali itu tak lepas dari gerakan moral yang digawangi para dokter yang berhimpun dalam Dokter Bhineka Tunggal Ika (DBTI) di Jakarta 1 Juni 2017.

Saat itu, sejumlah Guru Besar dan Dokter serta Dokter Gigi dari berbagai kota di seluruh Indonesia telah berkumpul di Gedung Stovia Jakarta. Saat itulah, dimulai gerakan moral bernama Dokter Bhinneka Tunggal Ika (DBTI).

Lahirnya gerakan moral DBTI sebagai bentuk ekspresi kepedulian para dokter Indonesia terhadap situasi bangsa dan negara akhir-akhir ini yang terancam keluar dari 4 pilar kebangsaan, termasuk terancamnya prinsip Bhinneka Tunggal Ika.

Berbagai peristiwa dan komentar di media yang menakutkan telah menunjukkan adanya ancaman terhadap prinsip Bhinneka Tunggal ika dan 3 pilar kebangsaan lainnya. Karenanya, mereka yang selama ini mengabdikan diri kepada bangsa dan negara melalui profesi dokter merasa terpanggil, tidak dapat berdiam diri lagi.

"Kami ingat, sejarah bangsa telah mencatat dengan tinta abadi bahwa kelahiran Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan dasar Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika tidak terlepas dari peranan para dokter pada masa pra kemerdekaan," jelas Prof DR Dr Wimpie Pangkahila perwakilan Forum Stovia Bali dalam pernyataan sikapnya, Sabtu (17/6/2017).

Untuk itu, melalui gerakan moral DBTI, para dokter Indonesia masa kini tidak rela membiarkan 4 pilar kebangsaan kita terancam. Karenanya, mereka bertekad mengambil peran untuk mempertahankan dan lebih membangkitkan kesadaran seluruh warga bangsa dalam menegakkan 4 pilar kebangsaan.

Guna lebih mengoptimalkan peran intelektual itu, nama Forum Stovia dipilih sambil mematrikan peran para dokter lulusan STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) di Batavia pada zaman prakemerdekaan dulu.

"Para dokter di Bali pada hari ini mengukuhkan berdirinya Forum Stovia Bali untuk melakukan peran itu demi tetap tegaknya NKRI berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila dengan prinsip Bhinneka Tunggal Ika," demikian Wimpie. (gek)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi