Awasi Kinerja Koperasi, Denpasar Luncurkan Pengaduan Online

Rabu, 07 Juni 2017 : 09.33
Wali Kota Rai Mantra meresemikan pengaduan online koperasi di Denpasar
DENPASAR - Peningkatan kinerja koperasi di Kota Denpasar tidak saja dalam pelaksnaan diklat, namun juga dibutuhkan pengawasan secara efektif lewat Pengaduan Online Koperasi. Langkah ini menjadi terobosan Pemkot Denpasar dalam melakukan pengawasan bersama dalam peningkatan kinerja koperasi.

Melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar membuat Pengaduan Online ini diluncurkan secara resmi Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, Peluncuran ini juga dirangkaikan pembukaan Bimbingan Teknis Pengawasan Kelembagaan Koperasi tahun 2017.

Walikota Rai Matra mengatakan, pengaduan sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kinerja dan memajukan semua Koperasi yang ada di Kota Denpasar. "Dalam era digitalisasi saat ini tentunya permasalahan koperasi dapat segera di konsultasikan secara online," katanya, Selasa (6/6/17).

Disamping itu pencapaian kinerja koperasi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang membutuhkan proses pengawasan terhadap kegiatan operasional koperasi.

Dengan demikian pengawas koperasi dapat dilakukan secara efektif dan efisien, yang tak terlepas dengan terbentuknya klinik koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Denpasar yang sangat memberikan manfaat bagi gerakan koperasi.

Adanya klinik koperasi dan pengaduan online ini, Pemerintah Kota Denpasar dapat melakukan pencegahan dini dalam penyelenggaraan gerakan koperasi. "Sebelum ada kesalahan yang fatal maka semua koperasi saya harapkan bisa memanfaatkan pengaduan online ini, karena pengaduan itu akan dikoreksi Tim," ujarnya.

Kadis Koperasi dan UMKM Kota Denpasar Made Erwin Surydarma Sena mengatakan, Pengaduan Online Koperasi ini sebagai langkah mempercepat dan mempermudah masyarakat yang ingin menyampaikan permasalahan tentang koperasi.

Pengaduan ini terintegrasi ke layanan Pengaduan Rakyat Online (Pro) Denpasar. Masyarakat yang menggunakan jasa koperasi bisa melaporkan secara online, karena pihaknya akan turun kelapangan dan melihat tentang pengaduan tersebut.

"Lewat Pengaduan Online Koperasi ini masyarakat tidak perlu lagi ke Kantor Koperasi untuk melaporkan atau mengadu berbagai permaslahan koperasi," ungkapnya.

Erwin juga mengatakan sistem ini sangat efektif untuk melakukan pengawasan terhadap 1.128 koperasi yang ada di Kota Denpasar. Laporan pengaduan yang dilakukan masyarakat sifatnya rahasia atau tidak terbuka. (gek)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi