Adhyaksa Dault: Pramuka Itu Manusia Pancasila

Senin, 12 Juni 2017 : 18.56
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault bertemu mantan Wapres RI Try Sutrisno
JAKARTA - Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menegaskan penanaman rasa cinta Tanah Air menjadi semangat Pramuka sejak lahir dari Sabang sampai Merauku sehingga bisa dikatakan Pramuka itu manusia Pancasila.

Menurutnya, semangat Pramuka sejak lahir adalah penanaman rasa cinta terhadap Tanah Air. Meski semua berbeda, mereka tetap bersatu dari Sabang sampai Marauke dengan jiwa gotong-royong. Pramuka ada di mana-mana membantu masyarakat.

"Pramuka itu manusia Pancasila," kata Adhyaksa menegaskan dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/6/2017).

Dalam kaitan itu, guna mendukung suksesnya Unit Kerja Presiden Bidang Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP- PIP), Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan melakukan silaturrahmi kepada Ketua dan semua anggota Dewan Pengarah UKP-PIP.

Sebelumnya, mereka sudah dimulai dengan berkunjung ke kediaman Jenderal (Purn) Try Sutrisno pada Kamis (8/6).

"Beliau yang di UKP-PIP adalah orang-orang terbaik yang perlu kita catat arahannya. Unit Kerja Presiden ini salah satu kerja nyata Pemerintah membumikan Pancasila, Pramuka tidak boleh pasif, harus pro aktif," jelasnya,

Karena ini kerja Bersama baik di darat maupun di internet lewat akun-akun medsos Gerakan Pramuka, kita siap aktif mensosialisasikan program-program UKP-PIP, anggota Pramuka itu usianya 7-25 tahun, pengguna medsos semua.

Pria yang hobi mendaki gunung ini melihat UKP-PIP melihat sesuai dengan program kepramukaan yang selama ini fokus pada penanaman rasa cinta Tanah Air melalui pendidikan karakternya. Karena itu, ia menilai Gerakan Pramuka dari Kwarnas hingga Gudep harus pro aktif, karenanya perlu silaturrahmi atau safari Pancasila terlebih dahulu.

Adhyaksa menambahkan, rencana kunjungan ke ketua dan anggota UKP-PIP ini disebut Safari Pancasila. Dengan kunjungi ini dia berharap kegiatan kepramukaan bisa diselaraskan dengan program UKP-PIP.

"Nanti dalam Safari Pancasila itu kita bicarakan bagaimana konsep kerjasamanya. Yang terpenting kita melihat bahwa program UKP-PIP ini sesuai dengan semangat dan jiwa Pramuka," imbuhnya. (des)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi