Waduh, Ikan Teri Berformalin Beredar di Pasar Tabanan

Kamis, 18 Mei 2017 : 21.58
Tim Pengawas Perikanan saat mengambil sampel ikan pada seorang penjual ikan di Pasar Dauh Pala, Tabanan
TABANAN - Tim Pengawas Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bali bersama Tim Bina Mutu dari Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan melakukan inspeksi mendadak (sidak) produk Perikanan di Pasar Dauh Pala, Tabanan, Kamis (18/5/17).

Dari 25 sampel produk perikanan yang diambil dari sejumlah pedagang ikan yang berjualan di Pasar Dauh Pala, sebuah sampel produk yakni ikan teri medan terbukti positif mengandung formalin.

Ketua Tim Pengawas Perikanan yang juga Ketua Laboratorium Bina Mutu Perikanan DKP Provinsi Bali, Ni Ketut Suiningsih mengungkapkan sampel yang diuji di antaranya adalah ikan pindang lemuru/kocing, pindang selungsung, udang putih, ikan layur, ikan nila, gurami, teri medan.

Juga ada ikan teri nasi, teri bulu, ebi atau gerago, ikan asin, gerang seleh dan jenis ikan kering lainnya. "Dari sampel tersebut, satu sampel yakni teri medan setelah dilakukan uji test kit di lokasi, positif terdeteksi mengandung formalin," ujarnya.

Disebutkan, berdasarkan hasil pengujian sebelumnya di Pasar Gianyar juga ditemukan kasus serupa yakni adanya teri medan yang positif mengandung formalin. Sementara hasil sidak dan pengujian produk perikanan di Pasar Sempidi, Badung ditemukan jenis ikan tuna tetelan positif mengandung formalin.

Terkait adanya temuan ikan teri medan mengandung formalin di Pasar Dauh Pala Tabanan, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan yang sedang tugas ke luar daerah saat dikonfirmasi via HP mengungkapkan telah memerintahkan Tim Bina Mutu Dinas Perikanan untuk melakukan pembinaan dan menghimbau kepada para penjual agar tidak lagi menjual ikan teri tersebut.

Selain itu, Tim Bina Mutu juga telah menghimbau pedagang agar tidak lagi mengambil teri dari para pemasok yang nakal. "Tim masih menelusuri pemasok teri medan tersebut. Para pedagang mengaku dikirim oleh para pemasok dari Jawa tanpa mengetahui identitas pasti pemasoknya," katanya.

Menurut Made Subagia, berdasarkan hasil pemeriksaan sebelumnya produk perikanan di Pasar Dauh Pala negatif mengandung formalin. Demikian juga pemeriksaan di Pasar Pesiapan oleh Tim Balai Karantina Denpasar produk perikanan yang diuji juga negatif mengandung formalin. (gus)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi