Tim SAR Evakuasi Korban Tenggelam di Sungai Unda Klungkung

Rabu, 10 Mei 2017 : 17.28
KLUNGKUNG - Komang Budiasa (40) yang tenggelam Sungai Unda di bekas galian C Banjar Dukuh Desa Tangkas Kabupateb Klungkung akhirnya ditemukan tidak bernyawa, Rabu (10/5/17). Warga Banjar Cepangi Kamasan, Klungkung dilaporkan hilang usai memancing, Senin (8/5/17).

Korban bersama 2 rekannya tenggelam saat hendak kembali dari memancing. Kedua rekannya berhasil selamat, namun Budiasa tak berhasil ditemukan hingga petang. Tim SAR gabungan menemukan Budiasa sekitar pukul 08.40 Wita di radius 100 meter sebelah barat dari posisi awal korban tenggelam.

Upaya pencarian berlangsung 3 hari lama, dengan pengerahan tim rescue Kantor SAR Denpasar bersama potensi SAR yang terdiri dari BPBD, Polair, RAPI serta masyarakat setempat. Penyelaman dilakukan secara berganti, setiap sorti diturunkan 2 orang rescuer.

Petugas melakukan penyelaman, dengan cara snorkeling, menyisiri dan memfokuskan pandangan pada permukaan air dan tumbuhan liar yang menutupi permukaan. "Penyisiran di sepanjang aliran sungai Unda juga dilakukan menggunakan kano dan perahu karet," jelas Kepala SAR Denpasar Didi Hamzar.

Upaya evakuasi dibantu warga setempat yang memanfaatkan jaring dan bantuan tali untuk menemukan korban. Sebelumnya, korban dilaporkan hilang sesaat setelah mancing bersama teman-temannya,

Ketika berjalan dari timur hilir sungai menuju tepian arah barat sungai. Laporan baru diterima Kantor SAR Denpasar 2,5 jam setelah kejadian yakni sekitar pukul 20.00 Wita. Jarak dari Kantor SAR Denpasar hingga sampai di lokasi ditempuh dalam waktu 1,5 jam perjalanan.

Pencarian hari pertama tidak efektif karena kondisi lokasi gelap sehingga membatasi jarak pandang. Pencarian di hari kedua yang sudah dimulai sejak pagi hari hingga petang pun tak memberikan hasil
.
Selaku OSC (On Scene Coordinator) Kepala Seksi Operasi SAR, Gede Darmada memastikan tim SAR gabungan bekerja sesuai prosedur. Pihaknya tetap memperhatikan safety saat melakukan penyelaman ataupun penyisiran.

"Setelah 3 hari tim SAR gabungan bekerja, akhirnya korban berhasil ditemukan. Terimakasih untuk kerjasama dari potensi SAR yang terlibat dan duka yang mendalam kami sampaikan kepada keluarga korban," ucapnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi