Puluhan Peserta Dragon Boat Festival 2017 Mulai Berdatangan di Bali

Kamis, 18 Mei 2017 : 23.26
Peserta Dragon Boat Festoval 2017
BADUNG - Para peserta dari sembilan negara yang akan mengikuti  “Dragon Boat Festival” yang digelar selama tiga hari Jumat tanggal 19 Mei 2017 hingga 21 Mei di Pantai Kedonganan Badung Bali mulai berdatangan.

Mereka secara berkelompok dari masing-masing negara sudah bertemu satu sama lain melihat kondisi Pantai Kedonganan dan mempersiapkan segala sesuatunya menjelang ajang pertama kalinya digelar di Bali itu.

Guna mengetahui kesiapan dan hal-hal teknis lomba digelar pertemuan antara panitia dengan peserta Pantai Kedonganan, Kamis (18/5/17). Ketua Panitia sekaligus Koordinator Festival  Nyoman Sarjana mengungkapkan, persiapan menjelang kegiatan mendekati rampung dan sudah siap digelar.

“Peserta semua sudah berkumpul, kita tinggal pelaksanaan,” jelasnya kepada pers di sela-sela pertemuan yang juga dihadiri Kadis Perikanan Badung Putu Oka Swadiana. Diketahui. festival ini diikuti peserta dari 9 negara seperti Hongkong, New Zealand, Malaysia, Yuke selain Bali (Indonesia) sebagai tuan rumah.

“Ada sekitar 20 tim akan berlaga di ajang ini yang total personilnya sekitar 240 orang mengingat tiap tim dalam boatnya terdiri dari 12 orang,” ujar Sarjana.

Dragon Boat Festival ini bagian dari ajang Badung Bahari Festival. Sebagaimana diketahui Pemkab Badung telah mengagendakan kegiatan untuk mendukung pengembangan pariwisata dengan menggelar festival di Badung Utara, Badung Tengah dan Badung Selatan.

Untuk Badung Utara dikemas Festival Pertanian, Badung Tengah Festival Budaya dan Badung Selatan berupa Festival Bahari.

Melihat begitu besarnya antusiasme peserta, Sarjana optimis ajang yang sangat istimewa dan tidak ada duanya di dunia akan bisa meningkatkan kunjungan turis ke Bali khususnya kawasan wisata tersebut.

Dragon Boat Festival sengaja dihelat saat low season agar bisa memberi pengaruh maksimal bagi kunjungan wisatawan.

“Ajang ini juga sangat istimewa dan spektakuler karena dipadukan dengan budaya. Di sini bedanya dengan ajang sejenis yang selama ini digelar di berbagai belahan dunia yang lebih menonjolkan kejuaraan sedangkan Dragon Boat Festival mengedepankan olah raga, budaya dan rekreasi,” jelasnya.

Disinggung soal dana untuk kegiatan, Sarjana menyebutkan angka sekitar Rp 300 juta yang dianggarkan oleh Pemkab Badung.

Pantai Kedonganan
Kendati banyak kegiatan mirip Dragon Boat Festival namun ini bukan sebuah lomba untuk mengejar juara semata namun lebih pada even budaya dan rekreasi karena lokasinya di kawasan yang nyaman dan indah.

Guna menyemarakkan ajang ini, juga akan digelar tarian Baruna Murti yang mengisahkan Dewa Baruna murka karena keadaan alam dan laut rusak serta kotor dengan sampah. Pihaknya berharap lewat event tarian itu bisa menggugah berbagai pihak untuk menjaga, merawat dan melestarikan alam khususnya pantai.

Salah seorang peserta festival, Jacob asal Selandia Baru mengaku menyukai kegiatan ini karena bukan saja bisa berolah raga, berekreasi juga sebagai terapi untuk kesehatan. Pria berusia 65 tahun ini ini sengaja membawa puluhan temannya yang sebagian besar kaum wnaita untuk mengikuti ajang yang diharapkan bisa berdampak poistif bagi pariwisata di Bali itu. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi