Pangdam Komaruddin Harapkan Rumah Babinsa Perkuat Silaturahmi TNI dan Masyarakat

Rabu, 17 Mei 2017 : 07.38
BADUNG - PangdamIX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin meresmikan Rumah Babinsa di Banjar Dinas Dajan Peken Mengwi Kabupaten Badung. Pangdam berterimakasih kepada semua pihak dan secara khusus kepada Bupati Badung Giri Prasta yang telah memberikan bantuan, dukungan dan partisipasi dalam pembangunan Rumah Babinsa.

"Rumah Babinsa ini, dapat memaksimalkan tugas Babinsa di desa binaannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat guna membantu tugas-tugas Kodam IX/Udayana," jelas Komaruddin, Selasa (16/5/17).

Babinsa merupakan ujung tombak dari satuan TNI Angkatan Darat dalam melaksanakan Pembinaan Teritorial di desa binaan masing-masing.

Seorang Babinsa menjadi sangat penting artinya bagi TNI Angkatan Darat dalam rangka menyiapkan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia agar memiliki Ruang, Alat dan Kondisi juang yang tangguh sesuai dengan sistim pertahanan Negara Indonesia yaitu Sistim Pertahanan Semesta (Sishanta).

Walaupun lingkup tugas hanya sebatas desa/kelurahan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa justru di desa tempat yang paling strategis untuk mengawali pembangunan bangsa menuju masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur.

Koramil 1611-04/Mengwi memiliki wilayah binaan 15 desa dan 5 kelurahan, dengan jumlah Babinsa yang ada sebanyak 20 orang. Dari 20 orang Babinsa yang mendapat fasilitas rumah dinas hanya 5 orang, sehingga masih ada 15 orang Babinsa yang tidak mendapat fasilitas rumah dinas.

Bagi Babinsa yang tidak mendapatkan fasilitas rumah dinas, mereka memanfaatkan rumah pribadi dan menyewa rumah masyarakat yang tempatnya agak berjauhan dengan wilayah desa binaannya masing-masing.

Mengakhiri sambutannya Pangdam mengharapkan Babinsa dan seluruh komponen masyarakat untuk dapat memanfaatkan secara maksimal fasilitas ini sebagai wadah sekaligus ajang silaturahmi serta sinergitas antara Babinsa dengan segenap elemen masyarakat.

Dengan begitu terjalin hubungan yang harmonis serta setiap permasalahan yang terjadi di wilayah dapat diselesaikan dan dicarikan solusinya,

Pangdam menekankan seorang Babinsa dalam setiap pelaksanaan tugas di wilayah masing-masing yaitu dengan selalu menerapkan sikap teritorial yang tulus, tegur sapa, murah senyum, menghargai adat istiadat masyarakat setempat, tahu berterima kasih, sehingga seluruh warga desa akan menjadi mitra karib.

Hadir pada kesempatan Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wsa, Asrendam, Pjs Aslog, Pjs Aster, Kazidam, Kapendam diwakili Waka Pendam, Dandim 1611 Badung, Mantan Bupati Badung (A.A Gde Agung) dan pejabat laiannya. (gek)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi