Lima Pejabat Setrategis Lantamal V Surabaya Jalani Mutasi

Minggu, 07 Mei 2017 : 13.18
Acara serah terima jabatan di Lantamal V Surabaya
SURABAYA - Lima jabatan strategis di Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V diserahterimakan, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V (Danlantamal V) Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, saat memimpin serah terima jabatan di Lapangan Yos Sudarso, Mako Lantamal V, Surabaya, Minggu (7/5/17).

Serah Terima Jabatan (Sertijab) digelar di dua tempat berbeda, Komandan Polisi Militer (Danpomal) Lantamal V, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Cilacap dilaksanakan dengan upacara militer di lapangan Yos Sudarso.

Sedangkan Sertijab Asisten Perencanaan dan Asisten Intelijen Danlantamal V dilaksanakan di Lobby Utama Gedung Yos Sudarso, Mako Lantamal V Surabaya.

Jabatan Asisten Perencanaan (Asrena) Danlantamal V diserahterimakan Kolonel Laut (S) Nanang Permadi, S.E. kepada Kolonel Laut (S) Johannes Tambunan, Asisten Intelijen (Asintel) Danlantamal V diserahterimakan Kolonel Laut (E) Bambang Suseno Indro P., kepada Kolonel Laut (T) Harlius Bachtiar, Danpomal Lantamal V dari Kolonel Laut (PM) Hari Murti kepada Letkol Laut (PM) Khoirul Fu'ad,Danlanal Yogyakarta dari Kolonel Laut (S) Kartoli, kepada Letkol Laut (P) Arya Delano.

Sedangkan jabatan Danlanal Cilacap diserahterimakan Kolonel Laut (S) Johannes Tambunan, S.H.kepada Kolonel Laut (P) Agus Prabowo Adi, S.E.

Kolonel Laut (E) Bambang Suseno Indro P., dan Kolonel Laut (S) Kartoli, menempuh pendidikan Sesko TNI, Kolonel Laut (S) Nanang Permadi, menempati pos baru sebagai Kepala Dinas Keuangan Koarmatim.

Sementara Kolonel Laut (PM) Hari Murti akan menempati pasisi sebagai Sahli Pang "F" Binkuatmar Koarmabar. Danlantamal V dalam sambutannya nengatakan, hakikatnya pelimpahan tugas, tanggung jawab jabatan, juga sebagai bagian dari proses pembinaan organisasi dan personel.

"Setiap upacara serah terima jabatan, tidak saja dimaknai sebagai acara seremonial, namun teriring harapan agar dapat mewujudkan postur dan tampilan organisasi yang senantiasa meningkat dari waktu ke waktu," katanya.

Menyadari akan potensi sumber daya yang terkandung di daerah pesisir selatan jawa khususnya pantai pesisir selatan jawa dan perairan daerah istimewa yogyakarta, merupakan sandaran masa depan yang cerah bagi masyarakat di wilayah ini.

Untuk itu perlu adanya upaya-upaya guna lebih mendinamisasikan pembangunan kelautan, melalui penanaman semangat jiwa bahari, upaya pembinaan masyarakat desa pesisir, sampai kepada upaya-upaya konseptual pendaya-gunaan potensi kelautan melalui penerapan teknologi tepat guna, yang dapat memberikan nilai tambah dalam pengelolaan sumber daya maritim di wilayah ini.

Namun dibalik potensi kekayaan yang ada, harus meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan terhadap kemungkinan timbulnya berbagai ancaman dan kerawanan pelanggaran tindak pidana tertentu di laut.

Sebut saja illegal logging, illegal fishing, perompakan dan perkelahian antar nelayan. Terlaksananya tugas pokok suatu pangkalan, tidak terlepas dari dukungan pejabat pemerintah daerah dan unsur muspida serta segenap lapisan masyarakat.

"Untuk itu kepada pejabat komandan pangkalan yang baru agar selalu meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan pemerintah daerah dan instansi terkait di wilayahnya," haranya.

Begitu pula Polisi Militer Angkatan Laut Lantamal V, adalah institusi yang bertanggung jawab untuk mengemban fungsi penyelidikan sekaligus penyidikan tindak pidana, pengamanan fisik, pemeliharaan ketertiban dan penegakan hukum, pengurusan tahanan dan pengawalan dalam acara protokoler.

Asintel Komandan Lantamal V adalah unsur staf di bawah komandan Lantamal V yang mempunyai tugas membantu merumuskan dan mengembangkan kebijakan di bidang intelijen maritim yang meliputi: penyelidikan, pengamanan dan penggalangan staf intelijen juga merupakan kepanjangan tangan komando. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi