Kodam IV/ Diponegoro Dorong Wujudkan Ketahanan Pangan di Demak

Selasa, 23 Mei 2017 : 15.48
DEMAK - Untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Demak Tim Pengawasan dan Pengendalian serta  Monitoring Program Pembinaan Ketahanan Pangan dari Kodam IV/Diponegoro dipimpin Mayor Inf May Ariyanto mengadakan kunjungan kerja ke Kodim 0716/Demak, Selasa (23/05/17).

Kegiatan didampingi Pasiter Kodim 0716/Demak Kapten Inf Mulyadi bersama Danramil, Bati Wanwil, Babinsa, Poktan dan PPL Pertanian Wonosalam.

Rombongan Tim langsung ke Makodim untuk melaksanakan Pengecekan Produk Administrasi Program Bin Ketahanan Pangan serta paparan Pasiter tentang kegiatan Program Pembinaan Ketahanan Pangan di Kodim Demak.

Dilanjutkan pengisian checklist serta wawancara para Babinsa dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Sebagai upaya khusus peningkatan sawasembada pangan. Kegiatan program pembinaan ketahanan pangan dipimpin Dandim 0716/Demak Letkol Inf Agung Udayana.

Pasiter Kodim Kapten Mulyadi membacakan sambutan Dandim mengatakan, kegiatan itu guna mendukung program pemerintah swasembada pangan yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Kementerian Pertanian menggandeng TNI untuk bersama-sama turun ke sawah mengelola sawah. bersama masyarakat TNI bahu-membahu menggarap sawah. Melakukan perbaikan irigasi hingga ikut melancar-kan supaya pupuk sampai ke petani dengan benar, hingga bagaimana mengelola dan memilih bibit yang baik.

Para Babinsa, Danramil dan Dandim semua bekerjasama dengan aparat dari Kementerian Pertanian wilayah-wilayah bersama-sama turun ke sawah dan ini sudah dilakukan TNI.

Kegiatan pendampingan dalam program Upsus Swasembada pangan yang sudah kita laksanakan selama ini antara lain : pendampingan kepada kelompok tani binaan bersama PPL, pengembangan kawasan rumah pangan lestari, monitoring, pengawasan dan pengendalian di lokasi kegiatan pertanian.

Selain itu, melaksanakan koordinasi dengan Pemda, Dinas Pertanian serta instansi terkait lainnya, dan melaporkan pelaksanaan kegiatan ketahanan pangan yang telah dilaksanakan di seluruh wilayah Kodim Demak.

Demikian juga dukungan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dari Kementerian Pertanian diterima Kodim 0716/Demak agar dapat digunakan dan dimanfaatkan secara maksimal dalam rangka membantu petani dalam upaya percepatan tanam di wilayah masing-masing.

Tentunya semua itu tetap memperhati-kan tertib administrasi, pemeliharaan maupun perawatannya baik sebelum digunakan, pada saat digunakan maupun setelah digunakan.

Tim Wasdal dan Monitoring Ketahanan Pangan dari Kodan Diponeoro Juga mengunjungi dan mengecek lokasi giat Bin Han Pangan meliputi Rumah Pangan Lestari di Makodim 0716/Demak serta Demlot ikan tawar.di Koramil dilanjutkan ke Model atau Demlot Sawah di desa Kalianyar Kec Wonosalam kab Demak.

Ketua Tim Wasdal  Mayor Inf May mengingatkan kepada para Komandan Kodim agar keseriusan dan sinergi yang kuat antara TNI dengan Distan serta semua yang terlibat agar program ini dapat tercapai sesuai dengan target dan rencana waktu.

”Kunci keberhasilan program untuk mensukseskan swasembada pangan yaitu niat yang tulus, singkronisaai kordinasi, kecepatan dan ketepatan dalam bekerja,” pungkas May. (des)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi