IUMKM Bali Siap Bantu Fasilitasi Pengusaha Dapatkan KUR

Rabu, 24 Mei 2017 : 07.28
Ketua DPW IUMKM Made Herry Erika
DENPASAR - DPW Industri Usaha Mikro Kecil Menengah (IUMKM) Bali siap membantu para pebisnis pemula mendapatkan akses kredit permodalan baik dari perbankan maupun bantuan kemitraan dari BUMN.

Komitmen itu disampaikan Ketua DPW IUMKM Bali Made Herry Erika Sedana usai pelantikan kepengurusan DPW dan DPD IUMKM Kabupaten Buleleng di Trans Resort Bali, Selasa (23/5/17).

Dikatakan Erika, pihaknya tetap mensupport mereka yang selama ini terkendala permodalan karena berbagai faktor seperti belum memiliki legalitas usaha maupun kendala jaminan. "Lewat asosiasi, kami akan membantu dari sisi support finansial, kami jembatani bagaimana caranya bisa mendapatkan kredit," tegas dia didampingi Grace Jennie pengurus lainnya.

Lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari sejumlah perbankan nasional diharapkan bisa membantu usaha para pelaku bisnis yang telah menjalankan roda usahanya secara konsisten selama enam bulan. Jika sebelumnya, kegiatan bisnis harus sudah berjalan satu tahun kini kebijakan baru mereka yang telah melakoni bisnis selama enam bulan sudah bisa mendapatkan KUR.

Hanya saja, mereka yang pernah mendapatkan KUR tidak bisa lagi memperoleh bantuan serupa. Kecuali, ada usaha lainnya yang dikelola oleh keluarga lain atau mereka yang sudah berusia produktif hingga umur 57 tahun.

"Kita siap bantu, tidak perlu usaha CV atau PT, cukup keterangan usaha diketahui pihak kelurahan," sambung pengusaha sukses bidang kargo ini.

Yang pasti, pihak Asosiasi IUMKMI memiliki tanggungjawab besar, bisa memberikan jaminan bahwa pelaku usaha yang mendapatkan bantuan itu sanggup dalam kondisi sehat untuk melakukan kewajiban pembayarannya.

Pada tiga bulan pertama, mereka pelaku UMKM akan dibantu untuk permodalan hingga usahanya bisa benar-benar berjalan sesuia diharpakan. Saat ini, kata Erika sudah ada 33 pengusaha yang mendapat bantuan KUR hingga Rp25 juta seperti dari Bank Artha Graha.

Diharapkan di awal kepengurusannya mendatang, dalam tiga bulan ke depan bisa menjaring 100 pengusaha UMKM yang bisa memperoleh akses permodalan perbankan maupun bantuan bina mitra dari BUMN.

Beberapa daerah yang menjadi prioritas seperti Badung, Gianyar dan Denpasar yang dikenal sebagai tumpuan perekonomian daerah di Provinsi Bali. "Kehadiran IUMKM Bali ini bisa berkontribusi positif bagi perekonomian daerah," demikian Erika dalam pelantikan itu langsung dihadiri  Ketua Umum Asosiasi IUMKM Indonesia Hermawati Setyorinny. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi