Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa Kabupaten Tabanan 2017

Minggu, 28 Mei 2017 : 02.30
TABANAN - Pemerintah Kabupaten Tabanan melalui Dinas Pendidikan melaksanakan Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa Tahun 2017. Kegiatan guna memberikan kesempatan sama dan seluas luasnya kepada masyarakat untuk berperan serta dalam kegiatan keolahragaan, sesuai amanat Undang-Undang No 2 Tahun 2015

Kegiatan dibuka Sekretaris Daerah I Nyoman Wirna Ariwangsa di Lapangan Wagimin Tabanan, Sabtu (27/5/17). Hadir dalam acara tersebut deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Pusat DR Yuni Poerwanti, Perwakilan Dinas Provinsi Bali, Rindam IX Udayana.

Ketua KONI Tabanan Dewa Gede Ary Wirawan dan perwakilan OPD. Ketua Panitia yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan I Wayan Adnyana dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini untuk mendukung gerakan masyarakat sehat (Germas) melalui gerakan “Ayo Olahraga”.

"Mendukung kebijakan revolusi mental melalui olah raga dan mendukung kebijakan pembangunan yang dimulai dari tingkat desa, juga terluar atau terdepan," katanya.

Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa tersebut bertujuan untuk menjadikan masyarakat sehat dan bugar, terciptanya ketahanan nasional (persaudaraan, sportivitas, disiplin, dan karakter yang tangguh). Juga, menggali potensi atau bakat olahraga yang berasal dari desa untuk dikembangkan di tingkat nasional dan internasional.

Cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi sepak bola, sepak takraw, bola Volly, Bulu tangkis, tenis meja dan atletik yang pelaksanaannya dilakukan secara serentak di enam desa, dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat di pedesaan untuk kelompok pelajar dan umum.

"Ada enam cabang olah raga yang dipertandingkan, dan secara serentak di enam desa. Setiap desa menyelenggarakan 1 cabang olahraga," jelasnya.

Kegiatan Gala desa dilaksanakan setiap hari sabtu dan minggu, mulai 27 Mei sampai 29 juli 2017 sedangkan untuk Gowes Pesona Nusantara dengan bersepeda akan dilaksanakan tanggal 30 Juli 2017 dengan start dan finish di depan kantor Bupati Tabanan.

"Gala Desa kita mulai hari ini tanggal 27 Mei 2017 dengan pelaksanaannya setiap sabtu dan minggu, sedangkan gowes pesona nusantara dengan bersepeda akan kita laksanakan tanggal 30 juli 2017 dengan mengambil start dan finish di depan kantor Bupati Tabanan," ungkapnya.

Bupati Tabanan dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa mengatakan dengan adanya Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa 2017 akan memunculkan bibit olah raga yang potensial dan dapat meningkatkan sportivitas dan solidaritas masyarakat desa.

"Kita berharap dengan kegiatan ini muncul bibit olah raga, meningkatnya sportivitas dan solidaritas masyarakat desa, sekaligus membangun karakter yang tangguh sehingga mampu ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan di Tabanan seiring dengan visi serasi yaitu sejahtera, aman dan berprestasi," ujarnya.

Wirna menambahkan ajang ini merupakan implementasi gerakan “Ayo Olahraga”, guna terciptanya pembudayaan olahraga di masyarakat desa.

"Harapan terciptanya budaya olah raga di masyarakat pedesaan dalam rangka meningkatkan kebugaran dan kesehatan jasmani, munculnya masyarakat berpotensi olahraga dan memiliki karakter yang kuat," imbuhnya. (gus)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi