Gladi Posko Kodim Buleleng Siapkan Penanggulangan Bencana

Sabtu, 06 Mei 2017 : 17.23
BULELENG - Kodim 1609/Buleleng menggelar Gladi Posko dengan menyiagakan aparat TNI Untuk penanggulangan Bencana. Komando Distrik Melitet Kodim 1609/Buleleng, selama tiga hari menggelar gladi posko yang di pusatkan di Makodim setempat.

Tahun ini kegiatan gladi posko untuk penanggulangan bencana alam Dipimpin Komandan Kodim 1609/Buleleng, Letkol Inf Slamet Winarto.

Komandan dan staf Kodim 1609/Buleleng melakukan gladi posko dengan mengusung tema Kodim melaksanakan tugas bantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka menanggulangi terjadi bencana di wilayah.

Dandim Slamet mengungkapkan, secara khusus gladi posko di lakukan untuk meningkatkan hubungan Komandan dan staf dalam merencanakan operasi dan melaksanakan olah yudha, digelar komando pengendalian oprasi serta menyelenggarakan implementasi prosedur dan tata kerja yang berlaku di suatu pos Komando.

"Kegiatan ini lebih memantapkan system Komando kita terkait dengan siaga bencana," katanya Rabu 4 Mei lalu. Setelah koordinasi, diterjunkan bantuan TNI kepada pemerintah daerah dalam rangka operasi militer.

"Juga menghadapi berbagai bentuk konsidensi pertahanan dan ketahanan wilayah yang timbul akibat bencana alam dan dampak sosial lainnya," papar Slamet. Latihan gladi posko disamping bagian proses bertingkat dan berlanjut serta merupakan pelaksanaan program kerja tahunan,

Latihan ini diproyeksikan untuk kemampuan satuan sehingga untuk melaksanakan tuntutan tugas utamanya dalam mengatasi suatu permasalahan seperti terjadinya bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

"Dengan kondisi buleleng yang rawan terhadap bencana, gladi posko yang kita lakukan tentunya sangat penting untuk diberikan kemampuan mulai dari para komandan kemudian staf yang mampu melaksanakan tugas sesuai dengan tugas dan fungsinya," harapnya.

Dalam kegiatan selama tiga hari itu, melibatkan instansi dan OPD, terkait di Buleleng. Tujuannya menyamakan persepsi dan juga memberikan dukungan secara penuh dalam upaya penanggulangan dan penanganan bencana alam. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi