Denpasar Sosialisasikan Pentingnya Keterbukaan Informasi Publik

Sabtu, 13 Mei 2017 : 06.18
DENPASAR - Keterbukaan Informasi Publik (KIP) menjadi hak setiap orang untuk memperoleh informasi secara cepat, mudah, dan tepat waktu sesuai dengan Undang-Undang No. 14 tahun 2008.

Disamping itu setiap lembaga publik memiliki kewajiban menyediakan informasi secara cepat, tepat berkala dan setiap saat. Pemkot Denpasar melaksanakan sosialisasi keterbukaan informasi publik bertempat di ruang pertemuan Graha Sewaka Dharma Lumintang, Jumat (12/5/17).

Lewat Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Denpasar dengan pelaksanaan sosialisasi KIP melibatkan dua pembicara dari komisioner Komisi Informasi Provinsi Bali. Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Dewa Made Agung mengatakan sosialisasi bertujuan memberikan pemahaman bersama antara Pemkot Denpasar dan masyarakat.

Saat ini informasi publik telah menjadi hak setiap orang serta menjadi elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan kepemerintahan yang terbuka sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dari pelaksanaan sosialisasi ini diharapkan terwujudnya masyarakat informasi yang informatif. Masyarakat sebagai pengguna informasi diharapkan turut serta berperan aktif dalam pengawasan publik terhadap pelaksanaan kepemerintahan di Denpasar.

Disamping itu diharapkan dapat terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan bertanggungjawab melalui penerapan prinsip transparansi, akuntabilitas serta melibatkan partisipasi masyarakat.

"Tentu langkah-langkah yang telah dilakukan Pemkot Denpasar dalam keterbukaan informasi publik telah memberikan dampak dengan diperolehnya penghargaan ranking satu Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Provinsi Bali yang diselenggarakan Komisi Informasi," ujarnya (gek)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi