Apel Soliditas Kebangsaan dan Kirab Pancasila Tandai 60 Tahun Kodam Udayana

Sabtu, 27 Mei 2017 : 04.47
DENPASAR - Dalam memperingati HUT ke-60 KodamIX/Udayana digelar apel Soliditas Kebangsaan, Defile dan Kirab Pancasila, yang diselenggarakan di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar, Jumat (26/5/17).

Ajang ini sebagai momentum untuk mengevaluasi dan mengenang sejarah perjuangan serta mengukur prestasi yang diraih sebagai motivasi dalam mendorong keberhasilan satuan. Selain itu untuk mempererat tali silaturami, rasa persatuan dan kesatuan bangsa serta mencegah timbulnya perpecahan diantara anak bangsa.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin S. dan Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose hadir dalam apel itu. Gubernur Pastika mengapresiasi atas terselenggaranya Apel Soliditas Kebangsaan, Defile dan Kirab Pancasila.

Dia menyampaikan penghargaan yang tinggi serta ucapan terima kasih kepada seluruh tamu undangan dan hadirin yang telah meluangkan waktu untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang melibatkan unsur TNI, Polri, Pemda, FKUB, MUDP, Ormas, Pecalang, Pelajar, Komunitas Motor Gede, Mobil Antik dan Vesva serta segenap komponen masyarakat lainnya.

Dalam kesempatan itu, Pangdam Komaruddin mengingatkan, belakangan ini, berkembang aksi-aksi provokatif dari pihak yang tidak bertanggung jawab serta adanya peran dari pihak asing yang akhir-akhir ini gencar melakukan kegiatan propaganda di media massa maupun elektronik.

"Untuk itu seluruh komponen bangsa harus senantiasa waspada guna menangkal berbagai upaya untuk memecah belah persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI," tandas Pangdam. Ada berbagai ancaman yang dapat membahayakan kedaulatan maupun keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia baik yang datang dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

"Ancaman yang datang berupa penyebaran berita provokatif yang tidak sesuai dengan Ideologi Bangsa Indonesia yaitu Pancasila yang merupakan Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia sehingga dapat menyebabkan perpecahan," katanya mengingatkan.

Terkait hal tersebut, maka Pangdam menghimbau dan mengajak kepada segenap komponen bangsa untuk senantiasa menggelorakan persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

"Tentu kita semua sepakat bahwa dengan dilaksananya Apel Soliditas Kebangsaan, Defile dan Kirab Pancasila semakin meningkatkan kerjasama dan sinergitas seluruh komponen bangsa, tokoh Agama, tokoh Adat, tokoh masyarakat, Pemuda, TNI, Polri dan Pemerintah Daerah, sehingga stabilitas keamanan wilayah, khususnya Bali dapat terwujud dengan baik," harap dia..

Apel Soliditas Kebangsaan kali ini akan dirangkai dengan berbagai macam kegiatan diantaranya Defile dan Kirab Pancasila serta kegiatan sosial berupa, Hiburan, Donor Darah, Cukur Rambut, Test Urine dan Pembuatan SIM.

Mengingat betapa pentingnya kegiatan ini, Pangdam berharap kepada seluruh tamu undangan dan hadirin agar memanfaatkan kegiatan ini dengan penuh kebersamaan dan semangat yang tinggi, sehingga semakin mempererat hubungan kerjasama dan kemitraan.

Selain itu. komitmen menjaga bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang bersatu, berdaulat adil dan makmur serta pada saat yang sama mewujudkan Bali yang aman, damai dan sejahtera.

Dalam kegiatan Apel Soliditas Kebangsaan, Defile dan Kirab Pancasila kali ini turut hadir Unsur FKPD Provinsi Bali, Kalanti, Kajati, Ka BNN Provinsi Bali, Kasdam IX/ Udayana, Para Pejabat Utama TNI-Polri, Ketua FKUB, Ketua MUDP Provinsi Bali, Bupati Badung, Bupati Gianyar, Bupati Tabanan, Wali Kota Denpasar, Para Aparatur Sipil Negara (ASN), Para undangan, serta seluruh peserta Apel Soliditas Kebangsaan, Defile dan Kirab Pancasila. (gek)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi