Wisatawan dan Warga Antusias Hadiri Pembukaan Jimbafest 2017

Sabtu, 22 April 2017 : 22.42
Atraksi baleganjur semarakkan pembukaan Jimbafest 2017
BADUNG - Ribuan warga dan wisatawan dari berbagai wilayah mendatangi lokasi Jimbaran Hub tempat digelarnya pembukaan ajang tahunan Jimbafest 2017 yang berlangsung semarak, Sabtu (22/4/17).

Berbagai atraksi kesenian seperti baleganjer dan tarian tradisional Bali meramaikan pembukaan Jimbafest yang dihadiri berbagai kalangan mulai desa adat, kaum muda, industri pariwisata dan jajaran pemerintahan.

Masyarakat dari usia anak-anak, muda hingga orang tua, tampak menikmati acara pembukaan Jimafest sembari bermalam minggu bersama keluarga. Sejumlah stand berbagai produk kuliner, kerajinan, industri perhotelan dan lainnya telah disiapkan untuk melayani pengunjung.

Penggagas Jimbafest 2016 Putu Agung Priatna mengaku senang, dengan antusias warga menikmati berbagai macam hiburan dan kegiatan lainnya yang telah disiapkan. Demikian juga, aneka masakan kuliner baik tradisional hingga modern disiapkan melayani pengunjung.

"Lewat Jimbafest ini , kami ingin mendorong masyarakat dan partisipasi perusahaan industri pariwisata di Jimbaran untuk lebih peduli dengan pelestarian alam sekitar," tandasnya.

Camat Kuta Selatan Wayan Wirya yang hadir dalam Jimbafest mengapresiasi kegiatan tahunan itu dengan harapan ke depan gaung kegiatan bisa semakin meluas. Selain itu, dia berharap pelibatan desa adat atau desa pekraman dalam ajang semacam itu, bisa lebih ditingkatkan.

Dia juga mengapresiasi pelibatan anak-anak sekolah hingga sekka bleganjur atau sanggar kesenian dalam ajang yang mengangkat potensi budaya lokal. "Sangat bagus dan peduli dengan upaya mengangkat budaya kita di Bali, Ke depan, kami harapkan bisa berkolaborasi dengan desa adat," sambungnya.

Apalagi di Kuta Selatan, banyak sanggar atau dewan kesenian, sehingga perlu ditingkatkan koordinasi dengan majelis desa pekraman sehingga gaungnya bisa lebih luas lagi. Koordinasi dengan stakholdeer seni dan budaya  maupun pengusaha lainnya yang dilibatkan agar bisa ditingkatkan.

Pihaknya juga mendukung kolaborasi pemerintah, swasta dan masyarakat adat dalam bidang budaya dan kesenian. Dengan melibatkan anak-anak dalam berbagai kegiatan lomba dan kegiatan lainnya.

Ketua Jimbafest 2017 Wayan Sukamta menambahkan, pelibatan peserta yang lebih luas dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Mereka yang dilibatkan siswa-siswi TK dan SD tingkat kecamatan, Sekaa Teruna-teruni serta Ibu-ibu PKK dari 13 banjar adat di Jimbaran.

Demikian juga, lomba terbagi dua kategori, Art Competition meliputi lomba puisi, lomba mesatua bali, lomba pidato bahasa inggris, lomba menyanyi, serta lomba mewarnai; dan Culture Competition yang meliputi lomba penjor dan lomba gebogan.

Jimbafest kali ini juga menggelar Bamboo Workshop dan Garden Tour. Bamboo Workshop merupakan kegiatan yang diadakan oleh I Wayan Sujana (Suklu) dalam memberikan edukasi mengenai nilai seni dalam pengolahan Bambu dan akan diikuti oleh Siswa-siswi SD.

Beberapa kategori booth/stand juga tersedia dalam acara Jimbafest 2017 ini, yaitu stand komunitas yang akan diikuti oleh BEM Fakultas Pertanian Unud, Earth Hour Denpasar, Bali Light House, Eco Bali Recycling, Komunitas Bring Your Tumbler, Komunitas Satwa Eksotik Bali, GEMA Inti, Mahasiswa Wirausaha Kreatif, dan 26 Stand Ekonomi Kreatif lainnya.

Berbagai kegiatan hiburan yaitu Parade Baleganjur (salah satu jenis aliran gamelan di Bali) dan Tari Kecak (pertunjukan tarian seni khas Bali) juga dikemas secara apik sebagai rangkaian acara Jimbafest 2017 sehingga seluruh pengunjung dapat menikmati dan merasakan euforia dari perayaan Hari Bumi di Jimbaran HUB.

Sukamta menambahkan, berbagai pentas hiburan untuk masyarakat juga disiapkan seperti parade baleganjur dan tari kecak yang dikemas cukup apik dan menarik.

Sejumlah grup musik lokal bakal menyemarakkan ajang bergengsi dan menjadi hiburan warga Badung khususnya di Bali Selatan itu seperti Sound of Mine, The Wheels, Rockabali Mob, Postmen, dan Jun Bintang.

Ajang Jimbafest 2017 mendapat dukungan penuh berbagai pihak seperti SAMASTA Summarecon, Djarum Fondation, Propan Raya, Springhill, Blue Bird Group Bali, Bank BRI Kantor Cabang Renon, Taman Bhagawan, Jimbaran Greenhill, Ayana Residence dan Polytechnic International Bali. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi