Wiranto Minta Anggota Dewan Turut Eliminir Konflik Sosial di Daerah

Rabu, 26 April 2017 : 20.55
Menko Polhukam Wiranto/net
KUTA - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto meminta wakil rakyat bisa turut membantu meredam konflik dan mengeliminasi semua masalah sosial yang terjadi di daerah.

Hal itu disampaikannya di dela pembukaan Rapat Kerja Nasinonal Dewan Kota Seluruh Indonesia di Kuta, Bali, Rabu (26/4/17). Ia menegaskan, saat ini kondisi Indonesia begitu memprihatinkan. Kondisi itu lantaran ada beberapa pihak yang menolak kebhinekaan sebagai kekuatan bangsa ini.

"Saat ini bangsa kita menghadapi kondisi yang agak mengkhawatirkan, terutama adanya, munculnya kehendak-kehendak yang mengingkari adanya kebhinekaan yang menjadi kekuatan Bangsa Indonesia," katanya mengingatkan.

Untungnya. masih banyak juga pihak-pihak yang terus mengupayakan terjaganya keberagaman tersebut. Salah satunya adalah pertemuan ini yang berkomitmen untuk menjaga keberagaman di seluruh Indonesia.‎

"Tema yang diangkat sangat strategis dan sangat penting bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara kita. Yakni, adanya suatu kepedulian untuk merawat kebhinekaan kita untuk menuju keadilan sosial," ucapnya.

Kondisi itu Jika terus disuarakan, Wiranto percaya hal itu dapat mengeliminasi konflik-konflik yang timbul di daerah.

‎"Kalau ini terus disuarakan oleh teman-teman DPRD, maka substansi itu akan menjadi sangat kuat untuk mendorong mereka melaksanakan satu kinerja di daerah, yang intinya adalah bisa mengeliminasi konflik-konflik sosial yang terjadi saat ini.

Apakah itu karena perbedaan agama, suku, beda kelas sosial. Ini bisa direduksi tatkala pemahaman terhadap kebhinekaan itu bisa difahami oleh teman-teman dari DPRD," papar dia.

Kebhinekaan mesti dirawat sebagai wujud persatuan nasional. Dengan begitu, pembangunan nasional di daerah dapat terwujud yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat di daerah.‎

Dia berharap ini tidak sekadar tema, tapi juga dapat diwujudkan dalam karya nyata. Tadi sudah disepakati untuk ikut ambil bagian dalam rangka memantapkan kembali Pancasila dan pilar negara di seluruh Indonesia.

"Saya sangat yakin organisasi ini benar-benar membantu program bela negara dan pemantapan Pancasila," imbuhnya. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi