Rawat Kebhinekaan Lewat Karya Jurnalistik di Sekolah, Madyapadma Gelar Presslist

Jumat, 21 April 2017 : 08.17
DENPASAR - Apresiasi Sineas dan Jurnalist (Presslist) sebagai media untuk menuangkan karya-karya jurnalistik para siswa digelar Klub Juranlistik Madyapadma Kournalistic Park SMAN 3 Denpasar.

Kegiatan digelar 21-22 April 2017 melibatkan 439 orang peserta dari empat provinsi yakni, Bali, DI Yogyakarta, DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

"Lomba-lomba yang kami gelar meliputi lomba koran dinding (Kording) tingkat SMP dan SMA, fotografi pelajar, resensi buku dan anugerah blog atau web Madyapadma tingkat pelajar, mahasiswa dan umum se Bali," jelas Pemimpin Umum Madyapadma Journalistic Park SMAN 3 Denpasar Vira Niyatasya Duarsa, Kamis (20/4/17).

Vira menjelaskan, latar belakang kegiatan ini karena pers merupakan sebuah posisi yang setrategis dalam suatu lingkungan seperti ruang lingkup lebih kecil di sekolah. Kata dia, potensi jurnalistik dari seorang wartawan akan lebih optimal jika telah ditekuni sejak dini atau masih muda seperti di bangku sekolah.

"Sayangnya, tidak banyak remaja, anak muda yang percaya diri pada kemampuan jurnalistik yang dimiliki," tuturnya.

Karenanya, bersama teman-teman di klub jurnalistik sekolah ini menggelar Presslist 8 yang diharapkan dapat menggugah, mendorong dan meningkatkan kualitas serta kemampuan jurnalistik yang dimiliki mereka dalam bidang keredaksian seperti koran dinding, resensi dan majalah hingga fotografi dan blog.

"Kami berharap, kegiatan ini peserta bisa memaknai perbedaan yang ada di Indonesia sehingga dapat menggugah rasa persatuan dan menjaga toleransi," tandasnya.

Nantinya, juga akan ada penandatanganan petisi para pelajar yang berisi ajakan seruan pihak untuk merawat kebhinekaan, pentingnya menjaga persatuan dalam bingkai NKRI. "Kami akan kirim petisi dari pelajar ini ke Bapak Presiden Joko Widodo," 'imbuhnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi