Politeknik Internasional Bali Siapkan Lulusan Berkualitas D3 Seni Kuliner dan Perhotelan

Rabu, 26 April 2017 : 23.06
DENPASAR - Pada tahun ajaran baru 2017/2018 Politeknik Internasional Bali (PIB) telah membuka program Seni Kuliner, dan Perhotelan (D3), serta Manajemen Perhotelan, Pengelolaan Konvensi dan Peristiwa (D4).

Wakil Direktur Bidang Akademik PIB, Ejasa Sembiring menegaskan, institusi yang dipimpinya itu siap mencetak lulusan profesional yang berjiwa wirausaha melalui sejumlah program diploma yang bertaraf internasional.

"Karena itu, pada tahun ajaran baru 2017/2018, kami membuka program Seni Kuliner, dan Perhotelan (D3), serta Manajemen Perhotelan, Pengelolaan Konvensi dan Peristiwa (D4)," kata Ejasa di Denpasar, Rabu (26/4/17).

Dikatakan, program itu baru dibuka institut pendidikan tinggi itu pada tahun ini, namun fasilitas dan sarananya sangat memadai. Kampus yang berdiri di lahan 15 hektare di kawasan Pantai Nyanyi, Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Bali, dilengkapi laboratorium berkelas bintang lima.

Ia mengungkapkan, PIB dirancang dan dipersiapkan untuk menjadi institusi tinggi bertaraf internasional melalui program-program yang dipersiapkan dan berkualitas dengan memadukan kurikulum yang berbasis karakter yang kuat.

Juga melestarikan budaya Indonesia dengan tujuan mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dengan jiwa kepemimpinan dan entrepreneurship, dan siap untuk menjadi profesional sesuai keahliannya.

Didampingi Vice Director Business and Finace PIB, Auqyawati Joe, ia menyebutkan. Kampus PIB berdiri atas dasar visi dan misi keluarga "leaving family legacy through transformation", Dr. Ir. Frans Bambang Siswanto dan Prof. Dr. Sulistyawati selaku Director of Polytechnic.

"Beliau berpengalaman lebih dari 40 tahun sebagai akademisi dengan jabatan terakhir sebagai Wakil Rektor Bidang Kerjasama sekaligus sebagai Guru Besar Arsitektur Universitas Udayana,' imbuh didampingi Vice Director Business and Finace PIB, Auqyawati Joe.

Prof. Sulistyawati memastikan melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, institusi ini akan melahirkan sumber daya manusia yang unggul berjiwa kepemimpinan serta entrepreneurship,

Hal itu, Sekaligus menghasilkan penelitian berkualitas internasional, menyelenggarakan program-program pengabdian masyarakat secara berkesinambungan," ucapnya.

PIB tahun ajaran 2017/2018 menawarkan empat program studi yaitu D-3 Seni Kuliner, D-3 Perhotelan, D-4 Manajemen Hotel dan D-4 Pengelolaan Konvensi dan Peristiwa (MICE).

"Program D-3 Seni Kuliner dirancang untuk pribadi yang ingin berkarir serta membangun bisnis di bidang seni kuliner, sedang Program D-3 Perhotelan disiapkan untuk orang-orang yang ingin berkarir di industri perhotelan atau pariwisata," tuturnya.

Begitu juga Program D-4 Manajemen Hotel dirancang secara komprehensif untuk pribadi yang bercita-cita untuk menjadi pemimpin yang sukses di bidang perhotelan.

Nantinya, program ini akan membekali lulusan dengan semua aspek operasional hotel bintang lima, dilengkapi dengan jiwa kepemimpinan serta keterampilan manajemen agar siap menjadi top level manager di hotel.

Untuk Program D-4 Pengelolaan Konvensi dan Peristiwa menyiapkan mahasiswa untuk mendalami dan menekuni industri Meetings, Incentives, Convention and Event (MICE). PIB menjadi salah satu institusi yang menyediakan program D-4 dalam MICE di Bali.

Ditegaskan, PIB menyadari pentingnya pendidikan keterampilan manajemen, pengetahuan, dan pemahaman industri yang sangat besar dan potensial di Bali yang pada hakekatnya dapat meningkatkan kualitas pengelolaan festival, konvensi, pameran dagang, atau acara-acara khusus lainnya.

Dengan penekanan lebih dari 60 persen terhadap mata kuliah praktek dengan fasilitas lengkap berupa "demo cooking class, kitchen laboratorium, asrama mahasiswa, front office and mini hotel laboratorium, pastry and bakery laboratorium".

Pihaknya berharap fasilitas kampus tersebut akan menunjang proses belajar mengajar mahasiswa dalam mendapat pengalaman belajar terbaik dalam mempraktekkan keahliannya melalui praktek kerja nyata di jaringan kerja sama yang telah dibangun, dan siap terjun ke dunia industri sebagai "highly skilled professional".

PIB akan menjadi satu-satunya institusi pendidikan tinggi di Indonesia yang menawarkan "Tourism-preneurship" yaitu pendidikan dalam bidang pariwisata, seni kuliner, perhotelan, dan MICE yang berbasis entrepreneurship.

Juga memberikan pembelajaran mengenai bisnis dan kewirausahaan, serta menyediakan platform untuk para mahasiswa dalam mempraktekkan pengetahuan selama masa program D-3 menjadi suatu Real Business Plan atau dapat dilanjutkan sampai tahap realisasi untuk program D-4 sebagai salah satu pilihan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Demikianjuga, PIB membuka pendaftaran untuk tahun ajaran 2017/2018 serta menyediakan 50 beasiswa berupa pembebasan uang gedung atau SPP untuk calon mahasiswa unggulan yang telah lulus seleksi program beasiswa PIB.

"Beberapa hal yang menjadi persyaratan untuk mendapat beasiswa yakni nilai SMA/SMK, surat rekomendasi Kepala Sekolah, dan hasil tes yang dipersiapkan oleh PIB. Calon mahasiswa dapat melalukan registrasi secara online di web PIB yaitu www.pib.ac.id," ujarnya.

Pendaftaran untuk gelombang I mulai 26 April hingga 27 Mei 2017, gelombang kedua, 5 Juni sampai 1 Juli 2017 dan gelombang ketiga pada 10-15 Juli 2017.

Program Studi di PIB dilengkapi dengan kurikulum dan fasilitas berstandar internasional akan mendukung proses pembelajaran yang holistik. Pemanfaatan dan penggunaan fasilitas untuk praktek sudah pasti akan semakin mengasah, melengkapi keahlian mahasiswa dalam bidangnya masing-masing.

Dengan demikian, lulusan Politeknik Internasional Bali merupakan lulusan yang berkarakter dan kompeten, siap kerja dan unggul di bidangnya, mampu mandiri dalam membuka lapangan kerja melalui wirausaha. Kehadiran PIB, akan memberikan sumbangsih yang nyata dalam rangka mencerdaskan bangsa dan NKRI. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi