PaninBank Siap Dorong Pertumbuhan Investor Baru di Pasar Modal RI

Kamis, 06 April 2017 : 06.37
Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II OJK Fakhri Hilmi didampingi Direktur PaninBank Hendrawan Danusaputra dan Direktur Utama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia Friderica Widyasari saat mengunjungi booth 5 perusahaan efek yang bekerja sama dengan Paninbank di acara Peluncuran Rekening Dana Nasabah Panin (RDNPanin)  
JAKARTA - Dengan menjadi bank administrator RDN, PaninBank melengkapi portfolio di industri keuangan sekaligus mewujudkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik khususnya dalam membangun kepercayaan dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal di Indonesia.

Hal itu ditegaskan Direktur PaninBank, Hendrawan Danusaputra saat  Peresmian PaninBank sebagai bank administrator RDN dilaksanakan di main hall Bursa Efek Indonesia, Rabu (5/4/17). Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II OJK, Fachri Hilmi, jajaran direksi SRO, ketua dan pengurus APEI serta jajaran Direksi PaninBank hadir di acara tersebut.

Diketahui, lewat proses seleksi yang cukup ketat akhirnya PaninBank telah memperoleh persetujuan dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sebagai bank administrator Rekening Dana Nasabah (RDN).

"Dengan 565 kantor yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia, kehadiran kami sebagai Bank RDN akan membantu akses keuangan para investor, terutama yang berada di daerah-daerah dalam mempercepat pembukaan rekening dan mempermudah aktifitas investasi mereka di pasar modal," terang Hendrawan dalam keterangan resminya.

Sebagai tindak lanjut persetujuan sebagai bank administrator RDN, PaninBank melakukan penandatanganan kerja sama dengan lima perusahaan efek, yakni, PT Panin Sekuritas Tbk, PT First Asia Capital, PT Panca Global Securities, PT Evergreen Sekuritas dan PT RHB Securities Indonesia.

Dengan kerja sama ini, nasabah yang ingin melakukan transaksi melalui lima perusahaan efek tersebut dapat memilih PaninBank untuk rekening dana nasabah. Sebagai bank dengan basis nasabah mass affluent dan affluent, PaninBank memiliki potensi untuk meningkatkan jumlah investor di pasar modal.

Melalui sosialisasi dan edukasi yang tepat,dan kerja sama erat dengan perusahaan efek, PaninBank yakin dapat merangkul investor baru di pasar modal. Layanan transaksi efek untuk nasabah juga telah didukung dengan fasilitas aplikasi perbankan PaninBank yang handal antara lain, ATM Panin yang tersebar di lokasi-lokasi yang mudah dijangkau.

Selain itu, fasilitas MobilePanin dan InternetPanin dengan fitur atau fasilitas informasi serta transaksi produk pasar modal seperti pembelian produk reksadana,pemesanan perdana ORI dan lain-lain. Bagi perusahaan efek yang bermitra dengan PaninBank, tentunya kerja sama ini dapat mempercepat proses akuisisi nasabah yang akan memperbesar peluang masuknya calon investor baru.

Selain optimis dengan bertambahnya jumlah investor baru, PaninBank juga optimis dengan kualitas investor pasar modal yang dapat difasilitasi oleh PaninBank. PaninBank memiliki anak usaha yang telah berkiprah lama di pasar modal, PT Panin Aset Manajemen, yang terbukti banyak dipercaya masyarakat untuk berinvestasi reksadana.

Melalui RDNPanin, nantinya nasabah reksadana ini diharapkan dapat ikut berinvestasi saham, sehingga jumlah investor saham tidak hanya bertambah, mereka juga sudah memiliki pemahaman dalam berinvestasi di pasar modal sebelumnya.

Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi mengatakan,bergabungnya PaninBank, jumlah Bank RDN saat ini menjadi 12 bank dengan jumlah rekening telah mencapai lebih dari 580 ribu rekening dana nasabah.

Penyelenggaraan RDN merupakan langkah yang dilakukan dalam rangka mewujudkan transparansi dan kepercayaan untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia. Hal ini sejalan dengan implementasi Single Investor ID.

Keberadaan Bank RDN sangat penting untuk mendorong pertumbuhan investasi di Indonesia, karena akan memperkuat infrastruktur di pasar modal dalam memudahkan transaksi efek para investor. "Karena itu, meski dengan proses seleksi yang ketat KSEI terus membuka diri untuk bekerja sama dengan bank yang ingin menjadi administrator RDN," tutur Friderica.

Pada kesempatan sama, Ketua Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia, Susy Meilina menyambut baik kehadiran PaninBank sebagai bank administrator RDN. Potensi masyarakat Indonesia untuk berinvetasi di pasar modal sangatlah besar.

"Walau anggota kami dari waktu terus berusaha untuk membuka cabang hingga ke pelosok Indonesia, tetap akan butuh waktu yang sangat lama karena wilayah Indonesia sangat luas dan kapasitas anggota kami terbatas," sambung Susy.

Dengan hadirnya PaninBank menambah jumlah bank administrator RDN yang ada, selain cakupan wilayah yang dijangkau bank-bank RDN menjadi lebih luas, kompetisi positif di antara bank administrator RDN juga akan memberikan lebih banyak pilihan layanan yang semakin baik.

Tabungan RDNPanin sendiri sebagai suatu produk dikembangkan dengan berbagai keunggulan. Proses pembukaan RDNPanin dapat dilakukan dengan cepat dan cermat, dan dapat selesai dalam hari yang sama setelah formulir dan dokumen lengkap telah di terima PaninBank sebelum pukul 12.00 WIB.

Selain suku bunga yang menarik dan kompetitif. Tabungan RDNPanin bebas dari semua biaya. Tidak ada biaya administrasi bulanan dan biaya penutupan rekening yang dibebankan kepada Nasabah.

Nasabah Tabungan RDNPanin juga berkesempatan memenangkan hadiah undian Panin Super Bonanza 2017 dengan hadiah 2 Mobil MINICooper, 40 Yamaha NMAX yang diundi setiap 2 minggu, dan Grand Prize 8 Milyar Rupiah, yang diundi setiap 3  bulan @ Rp. 2 Milyar.

Tabungan RDNPanin juga dilengkapi fasilitas e-Channel untuk mengakses informasi saldo dan mutasi melalui InternetPanin dan MobilePanin, serta fasilitas e-Statement yaitu elektronik statement bulanan yang dikirim melalui email. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi