Gelar Komsos, Kodim 1619/Tabanan Sosialisasikan TMMD ke 99

Jumat, 21 April 2017 : 10.59
Komandan Kodim (Dandim) 1619/Tabanan Letkol (Inf) Herwin Gunawan
TABANAN – Guna terlaksananya program satuan dan terbinanya koordinasi yang baik antar aparat pemerintah yang ada di Kabupaten Tabanan, Bali, Komandan Kodim (Dandim) 1619/Tabanan Letkol (Inf) Herwin Gunawan menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) di halaman belakang Makodim 1619/ Tabanan, Jumat (21/4/17) pagi

Selain mengungkapkan berbagai kegiatan sosial dan hubungan kemasyarakatan yang telah dilakukan jajaran Kodim Tabanan, Dandim Herwin dalam kesempatan tersebut juga mensosialisasikan rencana kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 99 Tahun 2017 Kabupaten Tabanan yang akan dilaksanakan di Desa Jelijih Punggang, Kecamatan Pupuan.

"Kami sudah konsultasikan dan sampaikan proposal yang diajukan Desa Jelijih Punggang pada Bupati Tabanan. Beliau sudah ACC sehingga TMMD positif dilaksanakan di Desa Jelijih Punggang, Pupuan," paparnya. 

Menurut Dandim Herwin, Rencana awal TMMD ke- 99 akan berlangsung di bulan Agustus, tetapi karena TMMD ke 100 dimajukan menjadi bulan Desember 2017 maka TMMD ke 99 dilaksanakan awal bulan Juni 2017 sedangkan pelaksanaan Pra TMMD akan dilaksanakan bulan Mei mendatang.

Disebutkan, Desa Jelijih Punggang menjadi sasaran TMMD karena Desa Jelijih Punggang yang selama ini dikenal sebagai produsen menggis berkualitas, lokasinya terisolir. Dengan adanya TMMD, rencananya TNI akan membuka jalan sepanjang 15 kilometer untuk memperlancar pemasaran manggis dan hasil bumi lainnya dari Desa Jelijih Punggang.

"Jalan tersebut akan menghubungkan Desa Jelijih Punggang dengan Kecamatan Selemadeg Barat. Saat ini jalan tersebut merupakan jalan setapak yang hanya bisa dilalui motor. Rencananya akan diperlebar agar bisa dilalui mobil," paparnya.

Terkait pembiayaan program TMMD tersebut, Pemkab Tabanan sudah setuju mengucurkan dana sekitar Rp 750 juta. "Tahun sebelumnya untuk program TMMD biayanya minimal Rp 500 juta, saat ini syaratnya minimal Rp 750 juta. Kalau Rp 500 juta bukan Program TMMD, namun Karya Bhakti ABRI," kilahnya

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tabanan IGN Agung Suryana memberikan apresiasi positif terhadap Komsos yang digelar Dandim 1619/Tabanan.

Menurut Bupati Wiryastuti, TNI AD memiliki peran untuk bersinergi dengan pemerintah. "Kita harus selalu berpikir positif demi bangsa dan negara. Harus ada komitmen dan bersinergi untuk saling menjaga keharmonisan demi menjadikan Tabanan yang lebih baik," harapnya.

Komsos yang digelar Kodim Tabanan kali ini mengusung tema "Melalui komunikasi sosial dengan aparat pemerntah, kita pelihara sinergitas guna membangun masyarakat Indonesia yang berkarakter dengan berlandaskan wawasan kebangsaan dalam rangka mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa".

Selain dihadiri unsur Muspida Kabupaten Tabanan, Komsos dengan aparat pemerintah di wilayah Kodim 1619/Tabanan ini juga dihadiri pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Tabanan, Kepala UPT Dinas Pertanian, seluruh Danramil dan Kapolsek di Kabupaten Tabanan. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi