Demokrat Harapkan Pilgub Bali Jadi Percontohan Pilkada yang Sejuk

Sabtu, 15 April 2017 : 08.49
Ketua DPD Demokrat Bali Made Mudarta
DENPASAR - Pemilihan Gubernur Bali 2018 diharapkan bisa menjadi pesta demokrasi lima tahunan yang tidak hanya menjadi pendidikan politik rakyat namun juga bisa membawa suasana kesejukan sehingga bisa menjadi pilkada percontohan di Tanah Air.

Ketua DPD Partai Demokrat Bali Made Mudarta menyatakan, dari pelaksanaan Pilkada serentak di sejumlah daerah mulai saat kampanye seperti pada Pilgub DKI Jakarta, dinilai masih jauh dari nuansa kesejukan.

Tim pemenangan maupun massa pendukung pasangan calon, belum bisa mewujudkan harapkan masyarakat yang menginginkan kedamaian, kesejukan, tidak saling serang yang kemudian malahirkan perbedaan yang makin menajam.

Masyarakat menjadi terkotak-kotak, sehingga kondisi itu kurang memberikan pendidikan politik yang ideal. "Karenanya, diharapkan Pilgub Bali mendatang, bisa menjadi percontohan Pilkada yang menjejukkan," harap Mudarta dihubungi, Sabtu (15/4/17).

Jangan sampai, momentum demokrasi pilkada menjadi ajang saling hujat satu sama lain. "Harusnya debat visi misi dan program kandidaat yang ditawarkan bukan menghina satu sama lainnya," ucap pengusaha muda asal Kabupaten Jembrana itu.

Masing-masing pihak baik pasangan calon, partai pengusung, tim pemenangan hingga pendukungnya mestinya tetap mengedepankan adat budaya ketimuran. Menjunjung sopan santun, menghormati saling menghargai perbedaan.

Bukan seperti dipertontonkan di media sosial, orang atau kelompok tertentu, begitu mudah saling mencaci maki, menghina satu sama lainnya. Dicontohkan, ada kasus atau peristiwa yang terjadi sudah 10 tahun lalu, kemudian diungkap menjadi komoditas untuk menyerang pasangan lain.

"Akibatnya, masing-masing calon terganggu, ini tidak mendidik, tidak dewasa berpolitik, kami mengharapkan Pilgub Bali melahirkan kesejukan, antar pasangan saling mendukung," tandasnya.

Bagaimanapun, ketika seorang atau figur yang sudah berniat maju dalam Pilkada mereka itu patriot bangsa yang siap mengabdi untuk masyarakat dan negara. Mudarta meyakini, lewat Pilkada yang berjalan demokratis dalam suasana kesejukan diharapkan lahir pemimpin yang terbaik untuk masyarakat. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi