Wabup Jembrana Ingin Kapal Penyeberangan Putar Lagu-lagu Bali

Jumat, 16 Desember 2016 : 07.08
JEMBRANA - Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan menaruh harapan agar kapal-kapal penyeberangan Jawa Bali bisa memutar lagu-lagu Bali sebagai upaya lebih mengenalkan budaya-budaya dan pariwisata di Pulau Seribu Pura.

Harapan itu disampaikan Kembamh saat pertemuan dengan General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang M. Yusuf Hadi bertempat dikantor ASDP Ketapang, Banyuwangi, Kamis (15/12/16). Pihak ASDP yang mengelola jasa penyeberangan kapal laut diminta memfasilitasi pengenalan budaya-budaya Bali kepada penumpang yang menggunakan jasa angkutan laut.

Salah satu bentuk pengenalan itu misalnya memutar lagu-lagu bernuansa Bali di kapal seperti gending-gending berbahasa Bali ataupun gamelan instrumental Bali. Dengan begitu, pengunjung sebelum menginjakkan kakinya di Bali atau Jembrana sudah fasih dan merasa di Bali.

"Dengan diputarnya gambelan Bali para penumpang akan merasa bahwa Jembrana bagian dari Bali dan layak dikunjungi dengan beragam tempat wisata maupun budaya yang dimiliki," katanya. Kata Kembang, langkah seperti itu, sekaligus memupus kesan sebelumnya jika Gilimanuk sebagai pintu masuk ujung barat Pulau Bali, belum bercirikan Bali sebagaimana Kabupaten tetangga lainnya.

Dalam pertemuan itu, Kembang memaparkan upaya pemerintah daerahnya dalam meningkatkan Keamanan Bali. Sebut sajam  baru saja diresmikan berupa Gedung Pos Pemeriksaan KTP Gilimanuk sebagai  pelayanan bagi penduduk yang datang  ke Pulau Bali maupun melewati Pulau Bali.

"Saya harapkan, sejak awal selama mereka berada di kapal sudah diumumkan himbauan adanya pemeriksaan KTP serta larangan membawa barang-barang terlarang masuk wilayah Bali," imbuhnya. Langkah itum bukan untuk menakut-nakuti ataupun membuat warga tak nyaman, tapi semata-mata demi ketertiban dan keamanan bersama.

General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang M. Yusuf Hadi menyambut baik ajakan kerjasama dari Pemkab Jembrana tersebut untuk segera bisa disiapkan bahan yang diperlukan. Pihaknya mempunyai 24 perusahaan transportasi yang bernaung di ASDP Ketapang saat ini.

Jadi, tinggal disiapkan materi CD visual yang bisa ditayangkan selama perjalanan dikapal berisikan himbauan agar penumpang menyiapkan KTP termasuk larangan larangan didalamnya. Tidak hanya itu dalam materi visual tersebut juga bisa ditampilkan profile budaya maupun obyek wisata yang ada di Jembrana selain diselingi  lagu-lagu yang bernuansa Bali sehingga para penumpang selain merasa terhibur, juga mendapatkan informasi.

"Saya rasa dengan jumlah penumpang angkutan laut mencapai kurang lebih 2800 orang perharinya, hal ini merupakan promosi serta kerja sama yang sangat bagus," tukas Yusuf. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi