Innalillahi..Mari`e Muhammad, "Mr Clean" itu Telah Berpulang

Minggu, 11 Desember 2016 : 07.05
Mari`e Muhammad  (foto:CNN Indonesia)
JAKARTA - Mantan Menteri Keuangan RI Mari`e Muhammad yang pernah disebut-sebut sebagai Mr Clean itu telah berpulang menghadap ke hadirat Nya, pada Ahad (11/12/2016) dini hari. Mari`e meninggal dunia sekitar pukul 02.40 WIB di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta.

"Mohon dimaafkan segala kesalahan almarhum dan kekhilafannya, serta mohon doa untuk almarhum semoga khusnul khotimah," kata Shofa, kerabat Marie Muhammad, dalam pesan singkatnya diterima media.

Diketahui, Mar'ie Muhammad lahir di Surabaya 3 April 1939. Pernah menjabat Menteri Keuangan pada periode Orde Baru ini diberi gelar Mr. Clean karena perjuangannya memberantas korupsi di era-nya yang masih sarat dengan korupsi.

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu, menamatkan pendidikan terakhir Master of Arts In Economics, Universitas Indonesia.

Mar'ie juga pernah mengabdi Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Departemen Keuangan RI (1969 - 1972), kemudian mengabdi di Direktorat Jenderal Pembinaan BUMN Departemen Keuangan RI dengan jabatan terakhir sebagai Direktur (1972-1988).

Selanjutnta, Mar'ie berkarir di di Direktorat Jenderal Pajak, Departemen Keuangan sebagai Direktur Jenderal (1988-1993 ), dan diangkat menjadi Menteri Keuangan Kabinet Pembangungan VI (1993-1998).

Beberapa jabatan pernah disandang Mar'ie, seperti pernah menjadi Ketua Oversight Committee (OC) BPPN, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), Ketua Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI), Ketua Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI), dan komisaris utama PT Bank Syariah Mega Indonesia. (des)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi