Inilah 21 Langkah Denpasar Menuju Kota Ramah Lansia

Rabu, 14 Desember 2016 : 10.13
DENPASAR - Sjak  tahun 2013 Pemerintah Kota Denpasar dinilai telah melakukan berbagai upaya untuk menjadi Kota Layak Anak, Kota Sehat, Kota Ramah Lansia, Ruang Terbuka Hijau dalam Kota Sehat. Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra berkomitmen memprogramkan Kota Denpasar menjadi Kota Layak Anak, Kota Ramah Lansia dan Ruang terbuka hijau.

Dengan adanya komitmen tersebut, sebuah lembaga Survey Meter melakukan penelitian tentang Kota Denpasar Menuju Kota Ramah Lansia sejak tahun 2013 lalu.

"Hasil riset asesmen Kota Ramah Lanjut Usia, Survey Meter dan CAS UI 2013, juga menilai Walikota mengintegrasikan inisiatif ini ke dalam program yang sudah ada sehingga Denpasar menjadi kota yang ramah bagi semua kelompok umur," ujar  Direktur Eksekutif Survey Meter Dr. Ni WayanSuriastini, M.Phil saat beraudiensi Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara baru baru ini.

Suriastini  mengatakan, walikota sangat berpikir efisien dan berani berinovasi dalam mengintegrasikan inisiatif kota ramah lanjut usia dengan inisiatif kota yang sebelumnya telah dijalankan yaitu kota layak anak, dan ruang terbuka hijau dalam kota sehat.

Untuk menuju Kota Layak Lansia Pemerintah Kota Denpasar juga telah melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan para lansia. Meskipun berbagai kegiatan telah dilakukan, untuk menuju kota layak lansia harus menerapkan 21 langkah  diantaranya  menyediakan pelayanan pelanggan khusus bagi lansia.

Diantaranya, menyediakan tempat antrian terpisah dan tempat khusus lansia, adanya ruang terbuka hijau dengan tempat duduk jumlahnya memadai, terawat dengan baik dan aman. Peraturan lalu lintas yang harus ditaati oleh pengendara serta memprioritaskan pejalan kaki, toilet umum bersih , kendaraan umum tidak penuh sesak dan tersedia tempat duduk yang diprioritaskan untuk lansia,

Juga, taksi terjangkau dengan diskon atau tarif subsidi, tempat parkir dan area untuk menurunkan penumpang bagi lansia, rumah disesuaikan lansia. Selanjutnya, perlengkapan untuk memodifikasi rumah, berbagai macam jenis kegiatan ditawarkan untuk menarik minat berbagai kalangan lansia dan lain sebagainya.

Untuk penelitian selanjutnya diharapkan Pemerintah bisa menerapkan 21 langkah tersebut untuk menuju Kota Denpasar Ramah Lansia. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi