Dubes Denmark Temui Petani Garam Amed di Bali

Sabtu, 10 Desember 2016 : 09.18
DENPASAR - Duta Besar Denmark untuk Indonesia Casper Klynge mengunjungi petani garam Amed di Kabupaten Karangasem guna melihat dari dekat bagaimana upaya perlindungan garam dan lingkungan setempat.

Dalam kunjungannya ke Amed, Casper didampingi Deputi Duta Besar Elsebeth Sondergaard Krone dan tim Search for Common Ground Indonesia. Mereka melihat langsung karya seni mural Arie Putra dan lahan pertanian garam di Objek Wisata Tirta Jemeluk bersama anggota kelompok petani MPIG Garam Amed Jumat (9/12/2016).

Dubes Casper menyampaikan, apresiasi yang sangat besar atas inisiatif dan usaha yang telah dikeluarkan oleh para seniman dan organisasi lokal dalam membawa perubahan sosial bagi komunitas mereka. Kunjungan ini juga dihadiri perwakilan pemerintah Kabupaten Karangasem, yaitu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Camat Kecamatan Abang dan Kepala Desa Purwakerti.

Kunjungan dilanjutkan melihat pameran foto Garam Amed karya Rudi Waisnawa. Amed merupakan salah satu wilayah yang berhasil membangun jejaring kolaborasi dalam isu perlindungan lahan garam. Selama hampir satu tahun pelaksanaan program, berbagai pihak telah bertemu dan melakukan upaya awal untuk mendorong produktivitas lahan dan petani garam di Desa Purwakerti.

Peran seniman dalam upaya perlindungan lahan garam di Amed dinilai sangat penting. Arie Putra dan Rudi Waisnawa bersama komunitas, telah mampu menggerakkan kesadaran masyarakat dan petani tentang pentingnya menjaga warisan leluhur, menjaga kualitas dan produktifitas lahan garam di Amed.

Conservation International Indonesia untuk Kawasan Konservasi Perairan (KKP) turut mendukung program ini dengan memfasilitasi pertemuan multi-stakeholder dan geo-tagging lahan garam Amed bersama petani garam dan komunitas pewarta warga. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi