Terobosan Baru, Pemkab Tabanan Luncurkan Program Posyandu Pintar

Rabu, 16 November 2016 : 14.05
Program Posyandu Pintar @2016
TABANAN - Pemkab Tabanan melakukan sebuah terobosan baru di bidang kesehatan terutama kesehatan bayi dan ibu hamil dengan meluncurkan program Posyandu Pintar. Posyandu Pintar diterapkan dan diresmikan untuk pertama kalinya di Banjar Bolangan Desa Babahan Kecamatan Penebel oleh Asisten I Setda Kabupaten Tabanan Wayan Yatnanadi, Rabu (16/11) di Bale Banjar desa setempat.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan Dr. Nyoman Suratmika Bupati Tabanan dalam sambutan tertulis dibacakan Wayan Yatnanadi mengatakan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan SDM yang berkualitas dibutuhkan penanganan gizi yang baik sejak usia dini.

Karena itu di 1000 hari pertama kehidupan atau biasa disebut masa keemasan, ibu hamil dan balita harus mendapat asupan gizi yang seimbang.

"Perhatian yang kita berikan kepada ibu hamil dan balita harus dimulai sejak dini salah satu carany dengan pemenuhan gizi seimbang. Selain pelayanan kesehatan, kita juga harus memberikan kasih sayang dan rasa aman agar anak tumbuh menjadi anak yang cerdas, sehat dan percaya diri," ujarnya.

Ditambahkan, Posyandu memiliki peran yang sangat penting untuk mengawasi tumbuh kembang balita dan perkembangan bagi jani ibu hamil. Karena itu pihaknya berkomitmen mensukseskan program Posyandu Sehat di Kabupaten Tabanan, karena memiliki tujuan yang sangat baik bagi tumbuh kembang balita dan ibu hamil.

"Kami harap program ini bisa diterima dan diterapkan di masyarakat. Tidak hanya di Banjar Bolangan saja, kami berharap Posyandu di desa lainnya bisa menerapkan program ini," imbuhnya.

Dirinya juga menegaskan kepada masyarakat khususnya ibu hamil dan balita agar rajin berkunjung ke Posyandu sehingga perkembangan bisa terus dipantau dengan memberikan menu gizi yang seimbang.

"Kepada masyarakat khususnya ibu yang memiliki balita dan hamil agar rajin berkunjung ke Posyandu untuk belajar menu gizi seimbang dan dipraktekkan di kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Sementara Dr. Nyoman Suratmika mengatakan Posyandu Pintar merupakan sebuah inovasi maupun terobosan baru dalam upaya melakukan suatu perubahan pada pola pelayanan Posyandu yang selama ini dilakukan secara Monoton agar menjadi lebih optimal dan variatif.

Menurutnya, selama ini pemahaman masyarakat terhadap menu gizi seimbang masih sangat rendah sehingga masih ditemukan adanya kasus gizi buruk.

"Melalui Posyandu Pintar ini kami memberikan menu gizi seimbang sesuai pola makan dan kebutuhan sekaligus memberikan rasa puas.Karena sebelumnya Posyandu hanya memberikan pelayanan secara monoton dan dengan hadirnya Posyandu Pintar akan memberi nuansa baru bagi masyarakat," ungkapnya.

Kepala Desa Babahan Made Sukapariana mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih karena memilih Desa Babahan sebagai tempat launching program Posyandu Pintar.

"Kami mendukung inovasi dari dinas kesehatan melalui program Posyandu Pintar untuk meningkatkan derajat kesehatan balita dan ibu hamil di desa kami," ujarnya.

Menurutnya, salah satu tugas pemerintah desa dalam hal pemeliharaan kesehatan dasar adalah melalui Posyandu. Ditambahkan, selama ini Posyandu di Desa Babahan sudah berjalan baik tapi dengan inovasi baru ini tentunya akan menjadi lebih maksimal lagi.

"Posyandu di desa kami sudah berjalan baik, namun dengan inovasi baru yakni Posyandu Pintar, kami berharap peningkatan gizi bayi dan ibu hamil bisa lebih maksimal dan derajat kesehatan bisa ditingkatkan lagi mulai dari usia dini," tandasnya. (gus)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi