Prihatin Lingkungan Rusak, PPA Yogya Gelar Kemah Aksi #1KaliKuning

Rabu, 30 November 2016 : 17.27
ilustrasi
YOGYAKARTA - Komunitas Konservasi Sekretariat Bersama Perhimpunan Pencinta Alam Daerah Istimewa Yogyakarta (Komunitas Konservasi Sekber PPA DIY) akan menyelenggarakan Kemah Aksi: Bakti Kali untuk Bumi #1KaliKuning.

Kegiatan dalam rangka memperingati “Hari Perubahan Iklim”, rencananya dilaksanakan Sabtu-Minggu, 3-4 Desember 2016 di Sungai Kali Kuning, Perum Puridomas, Sempu, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.

Koordinator divisi konservasi Sekber PPA DIY, Pipit Noviyani, mengatakan kegiatan diilhami dari keprihatinan adanya kerusakan lingkungan dalam berbagai bentuknya yang terjadi.

"Kerusakan lingkungan  yang banyak terjadi, memicu kesadaran untuk melestarikan lingkungan dan sumber daya yang ada. Air merupakan salah satu sumber daya yang vital bagi kehidupan manusia yang mesti dijaga," katanya dalam siaran pers Rabu (30/11/16).

Air merupakan sumber daya yang terancam kuantitas serta kualitasnya mengingat tingkat perusakan dan pencemaran lingkungan yang makin marak.

Kata dia, saat ini sungai sebagai salah satu sumber air dan pusat peradaban, mengalami tekanan luar biasa, mulai dari sisi pencemaran sungai, perusakan sungai melalui pengubahan morfologi sungai, penambangan pasir, hingga alih fungsi sempadan sungai.

Untuk itulah, Sekber PPA DIY menggagas Kemah Aksi: Bakti Kali untuk Bumi #1KaliKuning, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Perubahan Iklim yang jatuh pada 3 Desember. Lewat kegiatan ini, diharapkan peserta tidak hanya menjadi follower, tetapi juga turut merencanakan kegiatan lanjutan.

Kegiatan ini berupa sarasehan pelestarian sungai untuk meningkatkan wawasan, dilanjutkan dengan adopsi pohon dengan harapan satu pohon ‘saja’ dapat dirawat oleh satu orang yang menanam hingga pohon itu dapat tumbuh secara mandiri. (des)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi