Pembangunan Infrastruktur dan Pariwisata Tabanan Menginspirasi Kabupaten Samosir

Rabu, 09 November 2016 : 19.15
TABANAN- Keberhasilan pembangunan berbagai bidang seperti infrastruktur, pariwisata dan pertanian di Kabupaten Tabanan Bali telah menginspirasi Kabupaten Samosir Sumatra Utara.

Rombongan Pemkab Samosir yang dipimpin oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon berkunjung ke Pemkab Tabanan, Rabu ( 9/11/2016)

Mereka diterima Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti didampingi Sekkab Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa.

Kunjungan perdana ini dijadikan sebuah momen bagi Pemkab Samosir untuk bertukar informasi dalam segala hal, baik tentang tata kelola pemerintahan, infrastruktur, sektor pariwisata dan pertanian.

Rapidin Simbolon mengatakan, sebagai sebuah Kabupaten yang sedang berkembang masih banyak hal yang perlu dipelajari terutama dalam tata kelola pemerintahan.

Kabupaten Samosir mulai dimekarkan pada tanggal 18 Desember 2003 sehingga memerlukan pembenahan di segala titik.

Bukan hanya tentang tata kelola pemerintahan saja, pihaknya juga sharing berbagai hal seperti masalah infrastruktur dan pengembangan potensi pariwisata.

“ Kami kagum dan ingin belajar banyak hal di Kabupaten Tabanan. Karena setelah kami lihat, Tabanan memiliki berbagai potensi yang sangat luar biasa sehingga kami jadi termotivasi untuk menjalankan program-programnya di daerah kami,” ungkapnya.

Meskipun dipimpin seorang bupati yang usianya masih tergolong muda, ternyata Tabanan bisa meraih prestasi di berbagai bidang, terutama dalam program pertanian dan pariwisata.

“Potensi yang kita miliki hampir sama, yakni bidang pertanian dan pariwisata. Namun kami belum mampu mengembangkan potensi secara maksimal karena masalah infrastruktur yang belum memadai,” imbuhnya.

Menurut Rapidin, bentuk program bidang infrastruktur, pertanian maupun pariwisata bisa menjadi inspirasi bagi dirinya untuk mengembangkan Kabupaten Samosir.

“ Mudah-mudahan kunjungan ini bisa menjadi angin segar bagi kami untuk berbuat yang terbaik bagi daerah kami di Samosir. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tabanan atas sambutannya, mudah-mudahan kerjasama dan jalinan silaturahmi kita bisa terus dilanjutkan,” ujarnya.

Bupati Eka mengucapkan terima kasih karena Tabanan dijadikan sebuah inspirasi bagi Pemkab Samosir dalam membangun.

Suksesnya Tabanan dalam menjalankan tata kelola pemerintahan tidak lepas dari dukungan banyak pihak terutama para aparatur negara  sipil yang bertugas yang berkomitmen melakukan administrasi sebaik mungkin.

“ Kunci sukses kami adalah kejasama dan komunikasi yang baik, terutama bagi semua aparatur sipil Negara yang bertugas di Pemkab Tabanan. Mudah-mudahan hal ini bisa tetap dipertahankan ke depannya,” ujarnya.

Terkait masalah infrastruktur, menurut Bupati Eka APBD yang dimilili sebenarnya tidak terlalu besar bila dibandingkan dengan Kabupaten lainnya di Bali.

Namun berkat semangat dari masyarakat Tabanan, Pemkab Tabanan sukses menjalankan program partisipatif, dimana masyarakat yang mengerjakan dan pemerintah hanya menyediakan materialnya saja.

" Program partisipastif merupakan salah satu kiat sukses kami untuk menuntaskan masalah infrastruktur di Kabupaten Tabanan. Karena jika hanya mengandalkan APBD, kami tidak bisa berbuat banyak,” imbuhnya.

Hal serupa juga disampaikan Bupati Eka ketika ditanya tentang suksesnya Pemkab Tabanan mengelola potensi pertanian dan pariwisata.

Tabanan memiliki warisan yang luar biasa di bidang ini, tinggal bagaimana mengelolanya saja sehingga potensi ini bisa dikembangkan dan nantinya bisa menjadi aset berharga bagi generasi penerus.

Tabanan sudah diberikan anugerah yang luar biasa. Tidak hanya danau, kami juga memiliki gunung dan laut sehingga tanah pertanian subur.

"Kami berharap, dengan kunjungan ini kita bisa bertukar informasi dan kami berterima kasih ternyata Kabupaten Tabanan memiliki pesona luar biasa bagi daerah lain,” tandasnya. (gus)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi