Pameran UMKM dan Festival Kuliner Meriahkan HPS Bali

Rabu, 23 November 2016 : 14.26
  Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika dan Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya kunjungi stand pameran UMKM
TABANAN - Kabupaten Tabanan didaulat dan dipercaya sebagai tuan rumah puncak  peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke 36 tingkat Provinsi Bali yang dipusatkan di Gedung Kesenian Ketut Marya, Rabu (23/11/2016).

Peringatan HPS ini yang bertepatan dengan momen peringatan HUT ke 523 Kota Tabanan ini dirangkaikan dengan pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Expo serta festival kuliner Tabanan.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutan tertulis dibacakan Wabup Sanjaya mengucapkan terima kasih dan apresiasi karena Kabupaten Tabanan dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Pangan Sedunia tahun ini.

"Peringatan Hari Pangan sedunia ini bertepatan dengan momen peringatan HUT Kota Tabanan, sehingga acara juga kami rangkaikan dengan pembukaan pameran UMKM dan festival kuliner yang berlangsung dari tanggal 23 - 27 Nopember 2016 yang menyajikan produk olahan hasil pertanian, industri kreatif dan UMKM dari seluruh kecamatan di Kabupaten Tabanan," ungkapnya.

Bupati Tabanan menambahkan,  pameran UMKM dan festival kuliner ini merupakan visualisasi kegiatan pembangunan yang dilaksanakan serta perkembangan produk unggulan Kabupaten Tabanan. Dalam kesempatan ini pihaknya juga mengundang pengusaha di bidang pertanian untuk melihat dan bertransaksi produk pertanian yang dihasilkan petani di Tabanan.

"Kabupaten Tabanan berbasis pertanian budaya dan pariwisata. Ketiga potensi ini kami sinergikan dengan tetap berlandaskan pada Tri Hita Karana dan Tat Twam Asi," imbuhnya.

Menurutnya, sebagai daerah agraris Kabupaten Tabanan memiliki keanekaragaman potensi pertanian sehingga menyandang predikat lumbung beras dan pangannya Bali. "Semoga pertanian terus maju sehingga bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat. Kami di Tabanan akan terus berkomitmen menjaga potensi pertanian yang kami miliki," imbuhnya.

Sementara Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam sambutan tertulis dibacakan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Provinsi Bali Ketut Lihadnyana mengatakan peringatan Hari Pangan Sedunia merupakan momentum untuk memantapkan komitmen dan kerja keras serta  menghapus terjadinya rawan pangan khususnya di Bali.

Gubernur Bali juga merasa antusias karena momen ini juga bertepatan dengan HUT Kota Tabanan. "Kami Pemerintah Provinsi Bali mengucapkan dirgahayu kepada Kota Tabanan, semoga Tabanan bisa terus menjaga eksistensi dan tetap menyandang predikat sebagai lumbung pangannya Bali," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur mengajak seluruh pihak untuk ikut berkontribusi mengentaskan kemiskinan dan rawan pangan yang rentan terjadi di Bali. "Mengingat tantangan kita ke depan akan semakin berat dan kompleks, kita semua harus bisa berkontribusi memerangi kemiskinan dan rawan pangan khususnya di Bali," ajaknya. (gus)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi