Ini Dia Juara Lomba Cipta Menu dan Kreasi Pangan Lokal

Rabu, 23 November 2016 : 06.59
Tim juri Lomba Cipta Menu dan Kreasi pangan Lokal saat melakukan penilaian @2016
TABANAN - Guna meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA), Pemerintah Kabupaten Tabanan melalui Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Tabanan menggelar Lomba Cipta Menu Pangan Lokal Tingkat Kabupaten di Gedung Maria, Selasa (22/11/2016).

Lomba  diikuti oleh PKK/KWT dan SMA/SMK se-Kabupaten Tabanan. “Peserta Lomba Cipta Menu Pangan Lokal tahun 2016 adalah PKK/KWT kecamatan se-Kabupaten Tabanan. Sedangkan Lomba
Cipta dan Kreasi Pangan Lokal diikuti siswa dari SMK/SMA Pariwisata se-Kabupaten Tabanan,” ujar Panitia Lomba Cholis Achadiyah.

Menurut Cholis Lomba cipta menu  ini menyajikan pengganti makanan non beras dan terigu serta memodifikasi makanan khas masing-masing daerah dan ditampilkan bermacam-macam menu yang disesuaikan dengan daerah asal peserta.

Panitia  berharap lomba ini dapat mendorong kreativitas masyarakat serta mengangkat citra makanan khas daerah. “Lomba ini diharap dapat mengangkat citra makanan khas daerah sesuai dengan prinsip B2SA agar dapat digemari  dan mampu bersaing dengan makanan modern,” imbuhnya.

Disebutkan, berdasarkan penilaian Tim Juri, terpilih sebagai juara pertama lomba Cipta Menu Pangan Lokal adalah Duta Kecamatan Selemadeg Timur. Sedangkan  Juara II diraih oleh Kecamatan Pupuan dan  Juara III diraih Kecamatan Kerambitan.

Sementara  Kecamatan Selemadeg Barat terpilih sebagai pemenang favorit. Untuk kategori Lomba Cipta dan Kreasi Pangan Lokal tingkat SMK/SMA Pariwisata, juara I diraih oleh SMKN 2 Tabanan, Juara II diraih SMK Triatma Jaya, dan Juara III diraih SMKN 3 Tabanan.

Sementara untuk pemenang favorit terpilih SMK Biwi. "Para juara pertama di tingkat kabupaten ini, nantinya akan berlaga dalam lomba sejenis di tingkat provinsi saat peringatan Hari pangan Sedunia," ujar Cholis.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Nyoman Sumartana memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan lomba ini. "Lomba ini sangat penting dalam menggali pangan lokal dan memasyarakatkan pangan lokal sebagai sumber pangan yang dapat memberikan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh," ujarnya.

Menurut Bupati Tabanan, lomba ini sangat erat kaitannya dengan visi Tabanan Serasi, yakni dalam program gerbang pangan serasi dalam menggerakkan, mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam memilih, menentukan, dan menciptakan menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman berbasis makanan khas daerah. (gus)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi