Hari Pahlawan, Teater Jineng Gelar Oratorium Bertajuk "Pertempuran di Tanah Aron"

Kamis, 10 November 2016 : 15.45
teater jineng semarakkan hari pahlawan
TABANAN - Ada momen menarik ketika apel Peringatan Hari Pahlawan ke 71 dilangsungkan di Kabupaten Tabanan. Ratusan siswa yang tergabung dalam Teater Jineng Smasta membawakan oratorium bertajuk Pertempuran di Tanah Aron Karangasem yang mampu memukau para undangan dan seluruh peserta apel.

Dalam Apel yang dipimpin Dandim 1619/ Tabanan Herwin Gunawan di Lapangan Alit Saputra tersebut, hadir pula Sekkab Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa serta seluruh pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Tabanan.

Menteri Sosial RI dalam sambutan tertulis dibacakan Herwin Gunawan mengatakan bahwa setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan dalam berjuang merebut kemerdekaan.

Menurutnya, peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah politik ketakutan melainkan politik harapan. “Seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan,” ujarnya.

Ditambahkan, pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan juga menunjukkan betapa spirit perjuangan dan karakter kepahlawanan memiliki daya hidup yang luar biasa dalam menghadapi berbagai rintangan dan tantangan.

“Semangat kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan,” imbuhnya.

Menurutnya, tantangan dan persoalan yang kita hadapi saat ini memang berat, namun kita tidak boleh putus harapan karena para pahlawan mengajarkan kita arti penting perjuangan. Melalui momen pringatan Hari Pahlawan ini pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat agar saling bahu-membahu dan dilandasi oleh makna dan nilai integritas, etos kerja dan gotong royong.

“Saya yakin jika kita sudah saling bahu-membahu maka kita akan dapat mengatasi berbagai permasalahan yang melanda dan mampu bersaing dengan Negara lain sesuai dengan tema yang kita angkat tahun ini yakni “Satukan Langkah Untuk Negeri,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja dan berkarya menajdi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat dan pahlawan bagi negeri ini. (gus)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi