Hadiri Fesmed AJI, Gubernur Riau Berkomitmen Gandeng Media

Minggu, 20 November 2016 : 01.00
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat membuka Festival Media (Fesmed) @2016
PEKANBARU - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman membuka secara resmi Festival Media (Fesmed) kelima Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia yang berlangsung di Gedung Perpustakaan Wilayah Soeman HS Jalan Jend. Sudirman, Pekanbaru  16-20 November 2016.

Dalam sambutannya, Gubernur Rachman menyampaikan apresiasinya terhadap AJI yang dinilai memiliki kepedulian, perhatian untuk turut membangun daerah seperti di provinsi berjuluk bumi lancang kuning itu.

Awalnya, Rachman mengungkapkan, bagaimana upaya yang terus dilakukan jajaranya dan semua pihak dalam menekan terhadinya bencana kebakaran atau kabut asap. Upaya itu menunjukkan hasil di mana kebakaran bisa ditekan sampai 60 persen.

Menyinggung, tema Fesmed AJI yakni Media Cerdas Lestarikan Bumi, Gubernur Rachman memberikan apresiasinya meskipun kondisi saat ini, Riau relatif sudah semakin baik, bisa menekan bencana kabut asap sejak tahun 2015.

"Terima kasih walau kondisi sekarang sudah berubah, tetapi tema itu cukup bagus, sebagai masyarakat perlu saling mengingatkan," ucapnya dalam acara yang dihadiri Ketua AJINDO Suwarjono dan Sekjen Harfi Bambani

Gubernur Rachman menegaskan bahwa AJI menjadi mitra pemerintah seperti di Riau. Selama ini, media berperan dalam membantu mengkomunikasikan pembangunan sehingga bisa dibumikan di masyarakat. Pihaknya berharap ke depan bisa terus meningkatkan kerja sama dengan kalangan media, untuk pembangunan dalam mensejahterakan masyarakat.

Ke depan, Riau terus mengejar pertumbuhan dengan visi bidang ekonomi infrastruktu dan pariwisata budaya, meskipun saat ini, sudah ada bagian HUmas dan Komfinfo di jajarannya hal itu belum cukup sehingga masih membutuhkan peran media.

Dalam kesempatan sama Ketua AJI Indonesia Suwarjono menyampaikan, Fesmed kelima ini memiliki arti istimewa karena untuk pertama kalinya digelar di luar Pulau Jawa dan Riau menjadi tuan rumah.

Sempat kalangan media khawatir dengan lokasi Fesmed di Riau, karena bencana kabut asap terjadi beberapa waktu lalu. NAmun Suwarjono merasa bangga dan menyampaikan apresiasinya kepada GUbernur Riau dan seluruh elemen masyarakat yang telah bekerja keras mampu menekan bencana kabut asap.

"Kami hadir di sini untuk membangun masyarakat yang melek media, memberikan literasi media agar dengan banjir informasi sekarang inim masyarakat mendapatkan informasi yang benar, mencerdaskan bukan informasi yang membodohkan atau menyesatkan," tadasnya. (rhm)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi