Gelar Pemetaan Jabatan, Ratusan Pejabat Pemkab Tabanan Ikuti Uji Kompetensi

Selasa, 01 November 2016 : 16.35
TABANAN – Pemerintah Kabupaten Tabanan akan menyelenggarakan “Pemetaan Jabatan/Job Fit” melalui Assessment Center pada tanggal 7 s/d 11 November 2016 yang bertempat di Kantor Regional X BKN Denpasar.

Peserta Assessment adalah pejabat struktural eselon III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan yang berusia maksimal 57 (lima puluh tujuh) Tahun, TMT 1 Januari 2017.

Pelaksanaan Assessment ini dilaksanakan  dalam rangka Pemetaan Jabatan Eselon III atau Jabatan Administrator. Dengan  tujuan untuk dapat mengetahui kompetensi, Potensi PNS yang bersangkutan, sehingga dapat digunakan sebagai pertimbangan Pimpinan dalam penempatan PNS dalam jabatan yang sesuai, serta sebagai bahan pertimbangan ke Jabatan yang lebih tinggi.

Mengingat kuota peserta assessment sejumlah 50 (lima puluh) orang untuk tahun ini, maka dilakukan  seleksi para calon peserta secara transparan dan akuntabel dilakukan penjaringan calon peserta assessment melalui Computer Assisted Test (CAT), Selasa (1/11) yang juga bertempat di Kantor Regional X BKN Denpasar.

Adapun materi yang diujikan dalam CAT diantaranya, Tes Pengetahuan Umum (TPU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Substansi yang terkait dengan Kabupaten Tabanan.

Penjaringan tersebut diikuti oleh 155 (seratus lima puluh lima) orang Pejabat Eselon III, yang terdiri dari para kepala Bagian, Camat, Kepala Kantor, Sekretaris pada Badan dan Dinas, Kabid pada Badan dan Dinas serta Sekretaris Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan. Maka sesuai kuota, peserta yang lulus di-assessment  adalah peserta dengan peringkat 1 sampai dengan 50.

Lima puluh orang peserta dengan predikat terbaik itulah yang dinyatakan lulus, dan akan mengikuti Pemetaan Jabatan melalui Assessment Center, yang akan diselenggarakan pada tanggal 7 s/d 11 Nopember 2016 tersebut, bertempat di  Kantor Regional X BKN Denpasar.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tabanan I Made Yasa juga mengungkapkan hal yang sama, saat berkesempatan hadir pada kegiatan tersebut. Jelasnya bahwa tujuan dari kegiatan ini agar diketahui seberapa kompeten PNS tersebut dan Potensi apa saja yang dimiliki oleh PNS brsangkutan.

Dia juga menjelaskan, setelah terjaring peringkat 50 terbaik dari uji CAT ini, dikatakannya akan diuji assessment lagi tentang psikologinya. “Kelanjutannya nanti, 50 besar itu kita akan assessment lagi psikologinya dan sebagainya”, jelas Yasa.

Dikatakan juga olehnya, karena terbentur dengn anggaran jadi assessment tahun ini sangat terbatas. “Mungkin sisanya akan kita assessment lagi di Tahun Anggaran berikutnya, sesuai dengan kemampuan anggaran saat itu”.

“Dan nantinya melalui kegiatan ini, dapat mengarah kepada penempatan yang pas bagi PNS sesuai dengan kompeten, dalam artian “The Right Man on The Right Place”. Dalam mendukung pembangunan sesuai dengan visi dan misi Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti yaitu mewujudan Tabanan Yang Serasi”,  imbuh Yasa.

Dia juga membeberkan bahwa ke depannya bukan hanya pejabat eselon III, pejabat eselon IV secara bertahap sampai dengan eselon V dan terakhir staf juga akan di-assessment. Sehingga Tabanan mempunyai para PNS yang berkompetensi dan mempunyai banyak potensi dalam memajukan Tabanan.

Pada saat itu pula, hasil 10 (sepuluh) besar setelah selesai uji melalui system CAT secara langsung hasilnya bisa diketahui pada saat itu juga.

Adapun 10 besar dari penjaringan calon peserta assessment melalui Computer Assisted Test (CAT), pada selasa (1/11) kemarin antara lain, berurutan dari posisi pertama, I Gusti Agung Nyoman Oka Kamasan, Ni Luh Putu Mahadi Santi Dewi, I Made Wiratha, I Putu Dian Setiawan, I Nyoman Arianta, I Nyoman Hari Sujana, I GA. Supartiwi, I Made Murdika, I Gusti Nyoman Indrayana, I Putu Adi Artana dan I Gusti Made Darma Ariantha, I Putu Yudasuara, serta terakhir I Gusti Nyoman Triana. (gus)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi