Bupati Tabanan Apresiasi Pengrajin Koran Bekas

Selasa, 01 November 2016 : 12.22
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti (berbaju merah) saat mengunjungi stand kerajinan dari koran bekas
TABANAN -  Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti kembali menghadiri ajang Parade Budaya dan Pesta Rakyat serangkaian HUT Kota Tabanan Ke-523 yang dilaksanakan di Kecamatan Kediri dan dipusatkan di Lapangan Umum Kediri, Senin (31/10/2016) petang.

Selain menikmati aneka budaya dan kesenian yang ditampilkan warga Kecamatan Kediri, pada kesempatan tersebut Bupati Eka juga mengunjungi stand pameran pengembangan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menampilkan aneka  kerajinan, kuliner dan usaha kecil lainnya.

Menurut Bupati Eka, Tabanan sebetulnya memiliki potensi di sektor UMKM. Hanya saja, keberadaan para pelakunya perlu mendapatkan pembinaan. Sehingga, produk yang mereka hasilkan nantinya mampu bersaing dan tahan terhadap kompetisi. "Banyak pengrajin yang belum punya kartu nama atau memiliki brosur yang menginformasikan produknya," ujar Bupati Eka seusai mengunjungi stand kerajinan dari koran bekas.

Saat mengunjungi stand Suparta Kreasi milik I Ketut Suparta  yang memamerkan aneka kerajinan dari  koran bekas, Bupati Eka tampak membeli beberapa item kerajinan berupa bokor, sok kasi, gandek, sampai dengan kotak tisu yang semuanya terbuat dari koran bekas.

Selain membeli, Bupati Eka juga memberikan saran kepada Suparta untuk melengkapi usahanya dengan informasi ringan yang bisa memudahkan konsumen untuk membeli atau memesan hasil kerajinannya tersebut. Salah satunya, dengan menyediakan kartu nama. Tidak hanya untuk kepentingan pameran saja, namun untuk keseharian juga.

Saran tersebut dipertegas lagi saat Bupati Eka memberikan sambutan di atas panggung. Dikatakan, pengemasan atau packaging produk UMKM, baik yang diproduksi secara individu maupun kelompok seperti BUMDes, Kelompok Tani, atau Kelompok Wanita Tani sangat penting di saat sekarang.

Begitu juga dengan ketersediaan informasi produk kerajinan untuk memudahkan masyarakat selaku konsumen untuk membeli atau memesannya kembali. (gus)
Berita Pilihan
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi