Astra Motor Bali Kampanyekan Keselamatan Berkendara di Kampus Undiksha

Selasa, 08 November 2016 : 15.46
SINGARAJA - Tim Safety Riding Astra Motor Bali bersama group Astra lainnya mengkampanyekan pentingnya keselamatan berkendara kepada kaum muda di Gedung Kesenian Gede Manik Singaraja Kabupaten Buleleng..

Kegiatan menggandeng Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) ini menghadirkan tiga nara sumber, Kanit Dikyasa Polres Buleleng Ipda Oktamawan A, dari Astra Group menghadirkan  Ibu Alexandra, dan Astra Motor Bali dengan Tim Safety Ridingnya mempercayakan Yosepth klaudius Lisias atau yang biasa disapa Yoyo sebagai pemateri safety riding.

"Kegiatan ini sangat penting mengingat angka kecelakaan di Kabupaten Buleleng hingga saat ini masih sangat tinggi," kata Oktamawan Sabtu 5 November 2016.

Kondisi itu, dikarenakan kurangnya tingkat kesadaran dimasyarakat akan pentingnya keselamatan berkendara.

Pengendara hanya takut melanggar jika melihat petugas.  Karenanya, adanya peningkatan kesadaran dalam hal keselamatan berkedara dari masyarakat, karena sejauh apapun usaha dan upaya yang dilakukan kepolisian tidak akan berhasil.

Jika masyarakat sendiri tidak menghargai keselamatan diri sendiri. Budaya dan kultur mmasyarakat kita perlu terus ditingkatkan kembali, terutama terkait tertib Lantas karena kecelakaan lalu lintas itu 99% diawali dari pelanggaran.

"Karena itu, kita sangat mengapresisai apa yang dilakukan Astra Motor Bali bersama jajarannya dalam upaya menekan angka kecelakaan melalui kegiatan – kegiatan seperti ini,” terang Oktamawan.

Sebelumnya di tahun 2015 setidaknya ada tiga titik telah diidentifikasikan sebagai wilayah Blackspot yakni Kalibukbuk, Gerokgak dan Sukasada.

Akhir tahun 2016, rata-rata perbulannya terjadi kasus kecelakaan 10 hingga 20 kasus, contoh Januari 2016 di wilayah hokum Polres Buleleng terjadi 19 kasus yang merenggut korban jiwa meninggal dunia sebanyak 6 orang dan luka-luka 29 orang, dengan kerugian material Rp715 juta.

Bagi Astra Motor Bali, kegiatan ini tidak hanya sebagai kampanye semata, namun gerakan nyata bahwa keberadaannya bisa bermanfaat bagi masyarakat dan negara.

“Kami tidak hanya fokus pada penjualan semata, namun hal ini merupakan bentuk dan bagian dari tanggungjawab kami kepada konsuemen," sambungnya.

Lebih khusus kepada pengguna sepeda motor Honda terutama dalam hal keselamatan berkendara, sehingga nantinya tidak ada lagi korban sia-sia akibat kecelakaan dimana anak muda merupakan korban terbanyak.

PIC Tim Safety Riding  Astra Motor Bali I Gusti Ngurah Agung Iswahyudi menyampaikan, ke depan kerjasama seperti ini harus terus ditingkatkan, dengan menggandeng anak muda mahasiswa.

Diharapkan apa yang menjadi tujuan dari kegiatan tersebut bisa di tularkan kepada masyarakat luas, dan masyarakat Buleleng khususnya.

Selain pemaparan teori dan praktik terkait Safety riding, diakhir kegiatan semua yang terlibat dalam kegiatan ini baik kepolisian, mahasiswa, dan jajaran Astra Group mebagikan flayer tentang keselamatan berkendara di ruas jalan Udayana.

Bagi pengendara yang melintas dan tidak memakai helm standar SNI, panitia juga memberikan helm secara gratis serta himbauan untuk lebih taat dan menjalankan prosedur keselamatan berkendara yang benar. (nad)



Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi