Anggota Lanal Denpasar Diingatkan Bahaya Penyakit HIV/Aids

Selasa, 15 November 2016 : 08.55
DENPASAR - Para anggota TNI AL di Denpasar diberikan penyuluhan tentang penyakit HIV / AIDS yang merupakan sekumpulan gejala penyakit yang diakibatkan virus HIV sehingga melemahkan daya tahan tubuh seseorang, pada akhirnya menyebabkan seseorang rentan untuk terkena penyakit – penyakit lainnya.

Konsentrasi virus HIV terbanyak pada darah, cairan semen, cairan vagina dan air susu ibu. Penularan HIV terjadi melalui kontak / hubungan seksual yang tidak aman, pertukaran jarum suntik tidak steril, penularan dari ibu HIV terhadap bayinya dan tranfusi darah yang tidak diskrining dengan baik.

Gejala HIV yang berkembang menjadi AIDS memerlukan waktu yang cukup lama, sekitar 5-10 tahun sehingga banyak orang yang tidak mengetahui dirinya terjangkit HIV karena perilakunya, turut menularkan penyakit HIV kepada pasangan/partner seks, yang kemudian juga menularkan kepada bayi yang dikandung.

Meningkatnya kasus HIV terutama di Kota Denpasar, Dinas Kesehatan Kota Denpasar melalui KPAD (Komisi Penanggulangan AIDS Daerah) Denpasar bekerja sama dengan Balai Kesehatan Mako Lanal Denpasar menyelenggarakan penyuluhan penanggulangan HIV / AIDS bertempat di gedung Serbaguna Mako Lanal Denpasar Jalan raya Sesetan 331 Denpasar dengan Narasumber dr. I.B. Gede Ekaputra, M.Kes., dari Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Senin 14 November 2016.

Penyuluhan bertujuan mencegah penularan virus HIV / AIDS serta pemahaman tentang pola hidup sehat yang terbebas dari penyakit HIV AIDS, dan untuk seluruh prajurit Lanal Denpasar.

Harapannya  dapat mengetahui atau mendapatkan ilmu pengetahuan tentang bahayanya HIV/AIDS bagi kita semua sehingga para prajurit mendapatkan wawasan yang lebih luas dengan adanya penyuluhan tentang bahayanya penyakit HIV/AIDS.

AIDS merupakan singkatan dari Accuirred Immune Deficiency Sindrome adalah suatu sindrom “serbuan” penyakit-penyakit terhadap tubuh akibat menurunnya sistem kekebalan.

AIDS disebabkan oleh HIV (Human Immunodeficiency Virus). AIDS adalah sekumpulan gejala dan infeksi (atau: sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV. atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain).

Penyakit ini dapat menyebabkan kematian untuk generasi yang melakukan seks bebas (diluar pernikahan dengan partnernya yang dilakukan dengan cara berganti pasangan. Hadir dalam acara penyuluhan tersebut seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan segenap PNS Mako Lanal Denpasar. (gek)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi