Wah Mantap.....Kopi Robusta Pupuan Cita Rasanya Excelent

Senin, 10 Oktober 2016 : 18.33
ilustrasi/net
TABANAN - Berdasarkan hasil uji cita rasa yang dilakukan Pusat Penelitian Kopo dan Kakao, Jember, Kopi Robusta dari Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali, ternyata mempunyai kualitas yang luar biasa (excelent).

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Tabanan Ir. Roemi Liestyowati mengemukakan hal itu saat dijumpai di ruang kerjanya, Senin (10/10/2016) siang. "Selain diakui oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, Kualitas dan cita rasa kopi Robusta Pupuan sudah diakui oleh dunia," katanya.

Pengakuan tersebut salah satunya dapat dilihat dari semakin tingginya permintaan terhadap Kopi Robusta Pupuan dari luar negeri. Sampai saat ini, Kopi Robusta Pupuan sudah diekspor ke Korea Selatan, Italia dan beberapa negara lainnya. "Tahun lalu ada sekitar 75 ton yang sudah diekspor," ujarnya.

Selain untuk pasar ekspor, dengan diakuinya kualitas yang luar biasa terhadap Kopi Robusta Pupuan tersebut, pihaknya berharap pasar Kopi Robusta Pupaun  di dalam negeri juga akan semakin terbuka lebar.

"Saat ini permintaan sudah ada dari jakarta dan Bandung serta beberapa daerah di Indonesia lainnya. Sementara untuk kafe kopi di Denpasar, seluruhnya sudah menggunakan kopi Robusta Pupuan," terangnya.

Ke depan Roemi berharap, di Kabupaten Tabanan, khusunya di Pupuan yang selama ini menjadi sentra perkebunan kopi, generasi mudanya bisa dididik menjadi Barista (ahli kopi) yang bisa membuat berbagai jenis minuman kopi dengan bahan Kopi Robusta Pupuan.

"Sebagai sentra kopi Robusta di Tabanan, bahkan di Bali, saya menargetkan di Kecamatan Pupuan ada satu kafe kopi di setiap desa. Begitu memasuki wilayah Kecamatan Pupuan sudah ada kafe kopi yang bisa jadi persinggahan wisatawan untuk ngopi sambil menikmati keindahan alam Pupuan," katanya berharap. (gus)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi