Wabup Kembang: Generasi Muda Jangan Malu Jadi Nelayan

Minggu, 09 Oktober 2016 : 17.54
JEMBRANA- Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan menghimbau kepada generasi Muda agar tidak malu menjadi nelayan, ketimbang harus jadi karyawan.

"Potensi laut di Jembrana cukup besar, bila dioptimalkan bisa jadi penopang ekonomi terutama masyarakat pesisir," kata Kembang saat menghadiri Petik Laut Kelompok Nelayan Desa Pekutatan dan Desa Pulukan di Pantai Pekutatan, Minggu (9/10/2016)

Kembang mengaku perihatin, generasi muda karena jarang bekerja sebagai. nelayan. Padahal  berprofesi menjadi nelayan bisa mendapatkan keuntungan yang menggiurkan.

“Kami berharap nelayan-nelayan di Jembrana harus terus berkembang setiap tahun, jangan berkurang. Karena regenerasinya tidak berjalan,” ujar Kembang Hartawan.

Anak-anak nelayan tidak mau kerja di laut karena gengsi atau malu dan lebih memilih menjadi karyawan. Padahal penghasilan menjadi karyawan jauh lebih sedikit dari penghasilan nelayan.

Pemkab Jembrana menurut Kembang Hartawan sudah memiliki SMK Kelautan bahkan tahun depan akan medirikan Akademi Komunitas Kelautan bekerja sama dengan Kemmentrian Kelautan RI.

”Ini wujud komitmen pemerintah daerah serta pusat untuk memajukan potensi kelautan yang kita miliki,’ imbuh Kembang Hartawan.

Terkait acara Petik Laut, Wabup Kembang Menyambut baik acara tersebut, menurutnya acara Petik Laut merupakan tradisi baik dari nenek moyang yang harus selalu dilaukan.

Hadir dalam acara tersebut, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali I Made Gunaja, Anggota DPRD Jembrana I Nyoman Sudiasa, Muspika Kecamatan Pekutatan serta Kelompok  Nelayan Desa Pulukan dan Pekutatan

Panitia Acara Petik Laut Saiful Badri mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah kegiatan rutin yang digelar kelompok nelayan Desa Pulukan dan Pekutatan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas rahmat dan limpahan rejeki kepada para nelayan.

“Kami menghaturkan upacara seserahan berupa 1 ekor sapi yang kami  larung ke tengah laut,” tutupnya.(KN-2)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi