Tim Pemburu Tukar Rupiah Bank Indonesia Cari Uang Lusuh di Denpasar

Sabtu, 22 Oktober 2016 : 10.28
DENPASAR - Para petugas Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mendatangi rumah warga maupun tempat-tempat usaha dan keramaain guna memberikan pelayanan masyarakat yang ingin menukarkan uang lusuh atau yang hampir tidak berlaku lagi dengan uang pecahan baru.

Sejak pagi, petugas BI menyasar kawasan Desa Serangan dan Pedungan, Denpasar Selatan, sembari membawa pecahan uang baru untuk penukaran pecahan uang lama.

"Petugas kami mendatangi rumah-rumah warga menawarkan tukar rupiah," kata Asisten Direktur Kepala Tim Operasi Sistem Pembayaran Prabu Dewanto dalam kegiatan bertajuk Breaktrough Penukaran Rupiah Spesial Operasi Kas Keliling di dua titik berantai Sabtu (22/10.2016).

Lokasi yang disasar, tim pemburu tukar rupiah BI Bali itu,  Desa Pedungan dan Serangan sejak pagi hingga siang hari.

"DI masing-masing tempat, kami bikim tiga tim pemburu uang lusuh di masyarakat untuk ditukarkan dengan uang layak edar," jelasnya.

Petugas bahkan, masuk ke rumah warga khususnya yang memiliki kios kios sehingga ketika mereka bertransaksi kepada pelanggan, sudah bisa menggunakan uang yang segar atau baru.

Untuk itu, pihaknya mengingatkan masyarakat di Denpasar dan Bali umumnya agar segera menukarkan segara uang-uang mereka yang sudah lusuh, mengingat uang tersebut akan segera habis masa penukarannya dengan menukarkan dengan uang baru.

Beberapa pecahan uang rupiah, sudah akan dicabut sehingga akhir november mendatang sebagai batas penukarannya di Bank Indonesia.

Setelah itu, uang-uang lusuh tersebut tidak bisa ditukarkan atau dipergunakan sebaga alat pembayaran yang sah kecuali hanya bisa dipakai untuk koleksi saja.

Penukaran yang bisa dari pecahan yang besar sampai kecil khususnya besar yang tidak layak edar dan menukaran yang sudah ditarik dari peredaran. (rhm)





Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi