Tabur Bunga, Pangdam Udayana Pimpin Ziarah di TMP Pancaka Tirta

Selasa, 04 Oktober 2016 : 15.16
TABANAN-  Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, menjadi inspektur upacara pada Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta. .

Pangdam Kustanto memimpin ziarah Nasional yang dilaksanakan dengan Upacara Militer di halaman tengah Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta Selasa (4/10/2016).

Ziarah Nasional dalam momen yang bersejarah peringatan hari Ulang Tahun ke-71 TNI ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenang dan memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan kusuma bangsa.

Para pahlawan, yang gigih meneteskan keringat, pantang menyerah,  menumpahkan darah, berkorban jiwa raga dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan,

"Untuk itu sudah sepatutnya rasa syukur, penghargaan dan penghormatan diberikan kepada para pahlawan dengan cara menghormat, menundukkan kepala sejenak untuk mengheningkan cipta dan mendoakan arwah para pahlawan," kata Pangdam.

Teriring doa semoga segala pengorbanannya yang  tulus iklas tanpa pamerih mendapatkan phala yang setimpal dengan dharma bhaktinya.

Bersama rombongan lainnya, Pangdam Kustanto menaburkan bunga di pusara pahlawan sebagai tanda cinta kasih dan ucapan terimakasih kepada para Pahlawan.

Makna Ziarah Nasional sangat mulia sehingga dalam pelaksanaannya, diawali dengan penghormatan dirangkai dengan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga di depan candi induk, kemudian doa dan dilanjutkan dengan tabur bunga.

Ziarah ini diikuti anggota TNI dan keluarga besar TNI  baik Angkatan Darat, Laut dan Udara jajaran Garnizun Denpasar, yang tersusun dalam kelompok Perwira Menengah, kelompok Perwira Pertama, kelompok Wanita TNI ( Kowad, Kowal dan Wara) pasukan Bintara/Tamtama tak bersenjata, pasukan Bintara/Tamtama  bersenjata.

Juga, kelompok Pegawai Negeri Sipil, kelompok Persit Kartika Chandra Kirana, Jala Sena Stri dan Via Ardya Garini serta diiringi oleh kelompok musik Ajendam IX/Udayana, yang secara keseluruhan berjumlah sekitar 700 orang.

Hadir pula Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono, Irdam IX/Udayana, Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, Danrem 163/Wira Satya, Kolonel Inf I Nyoman Cantiasa, Para Asisten, Para Perwira Ahli, Pa Liaison, Dan Lanud, Para Kabalak Kodam IX/Udayana dan sejumlah pejabat lainnya.

Ziarah dapat berlangsung dengan tertib dan hidmat  diakhiri dengan pengisian buku tamu oleh Pangdam IX/Udayana. (gek).
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi