Petugas Gagalkan Penyelundupan Penyu Hijau di Teluk Gilimanuk

Rabu, 26 Oktober 2016 : 00.00
ilustrasi (dok.kabarnusa)
JEMBRANA- Upaya penyelundupan satwa langka berupa penyu hijau di Teluk Gilimanuk berhasil digagalkan oleh Jajaran Polair Polres Jembrana, Minggu (23/10/2016).

Penyelundupan penyu hijau tersebut dilakukan Sangkala (57). Dia diamankan di perairan Gilimanuk, Kecamatan Melaya Jembrana. Petugas mendapati pelaku membawa tiga ekor penyu hijau di perahunya.

Penangkapan bermula dari informasi yang diperoleh petugas yang menyebutkan adanya aktivfitas perdagangan Penyu di perairan laut Gilimanuk.

Petugas melakukan  penyisiran di perairan Gilimanuk mulai pukul 21.00 wita.

Hasilnya, pukul 22.00 wita petugas mendapati aktivitas bongkar muat seorang Nelayan di pinggir pantai di sekitar Teluk Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya.

Setelah diperiksa, petugas mendapati Sangkala yang merupakan nelayan setempat tengah mengangkut 3 ekor Penyu Hijau dalam keadaan terikat.

Wakapolres Jembrana, Kompol Anak Agung Rai Laba membenarkan telah mengamankan pelaku yang kemudian digelandang ke Pos Polair Gilimanuk guna proses lebih lanjut.

Sedangkan 3 ekor Penyu Hijau telah diserahkan pihaknya ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Gilimanuk untuk ditindaklanjuti sesuai prosedur yang berlaku.

Penyu-penyu Hijau itu ada yang memesan dan kasus tersebut masih dalam pengembangan.

"Penyu sudah kita serahkan ke KSDA Resort Gilimanuk dan dilepas ke laut bebas,” tandas Rai Laba, Senin (25/10/2016) malam.

Kepala Resort BKSDA Resort Gilimanuk, Putu Citra Suda Armaya membenarkan pihaknya menerima pelimpahan barang bukti 3 ekor Penyu Hijau dari Polair Polres Jembrana.

Dua Penyu diantaranya tergolong Penyu dewasa dan satu sisanya masih beranjak dewasa.

Kedua Penyu dewasa ini diperkirakan berusia sekitar 30 tahun dengan panjang Kerapas mencapai 68 Cm dan lebar mencapai 52 Cm dan yang satunya lagi panjang Kerapas mencapai 63 Cm dan lebar mencapai 48 Cm.

Satu ekor sisanya memiliki panjang Kerapas 42 Cm dan dengan lebar mencapai 36 Cm.

Rencananya besok petugas ke BKSDA Bali untuk koordinasi terkait tindak lanjut temuan ini.

"Ketiga penyu hijau ini dalam keadaan sehat dan ini merupakan tangkapan pertama Penyu Hijau di Gilimanuk untuk tahun ini,” tandas Suda Armaya.(KN-2)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi