Kunjungan Wisman Australia ke Bali Alami Penurunan

Senin, 03 Oktober 2016 : 21.48
ilustrasi (foto:kabarnusa)
DENPASAR - Wisatawan Australia  dan Tiongkok yang selama ini sebagai pemasok utama kunjungan ke Bali pada bulan Agustus lalu mengalami penurunan dibanding sebelumnya.

Data dilansir Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali secara umum memang menunjukkan jumlah wisatawan mancanegara yang berlibur ke Pulau Seribu Pura pada bulan Agustus 2016 sebanyak 438.135 orang.

Angka ini naik sebesar 44,30 persen jika dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya.

"Secara umum kunjungan wisatawan manca negara mengalami kenaikan, tetapi untuk wisman asal Tiongkok dan Australia terjadi penurunan pada bulan Agustus kemarin," sebut Kepala BPS Bali Adi Nugroho dalan keterangan resminya di Denpasar Senin (3/10/2016).

Disebutkan, pada periode Januari hingga Agustus, secara kumulatif wisman yang datang ke Bali sebanyak 3.193.974.

Pada periode tersebut, asal wisman yang yang paling banyak datang berturut-turut berasal dari Australia, Tiongkok, Jepang, Inggris dan India.

Masing-masing dengan presentase sebesar 23,23 persen, 20,71 persen, 4,84 persen, 4,48 persen dan 3,69 persen.

Kata Adi, BPS melihat penurunan tersebut disebabkan pola musiman bulan, sehingga minat masyarakat untuk berwisata tidak seperti bulan-bulan sebelumnya.

Di pihak lain, soal peningkatan kunjungan wisatawan asal Tiongkok ke Bali, Adi menjelaskan bahwa kenaikan tersebut bukan hanya di Bali namum juga kebeberapa negara lainnya.

"Tiongkok sudah melewati Malaysia bahkan konon juga melewati beberapa negara lain.

Hal itu terjadi lantaran daya beli masyarakat Tiongkok mengalami kenaikan, sehingga banyak pelaku wisata memberikan perhaitan lebih.

Beberapa bulan terakhir kunjungan wisatawan asal Tiongkok juga tumbuh sangat mengesankan,

Karenanya, jika situasi ini mampu diakomodir dengan baik, bukan mustahil akan memberikan sumbangan yang menggembirakan bagi dunia pariwisata Bali.. (rhm) -
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi