Jembatan Penghubung di Nusa Penida Ambruk, Delapan Warga Tewas

Minggu, 16 Oktober 2016 : 21.27
jembatan ambruk (foto:istimewa)
KLUNGKUNG - Insiden ambruknya jembatan penghubung Pulau Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung Bali menewaskan delapan orang dan belasan lainnya mengalami luka-luka sore tadi.

Keterangan dihimpun, peristiwa nahas terjadi saat warga hendak melakaksanakan kegiatan persembahyangan Minggu (16/10/2016)

Saat itu, warga melintas di jembatan penghubung dua pulau tengah dalam suasana hari Nyepi Segara (laut). Saat warga tengah menyeberangi laut di atas jembatan, tiba-tiba ambruk sekira pukul 18.45 Wita.  Tak ayal, warga dan pemotor tercebur ke laut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama warga dan kepolisian setempat yang mendengar kejadian itu langsung melakukan upaya pencarian korban yang diperkirakan tertimpa reruntuhan jembatan.

Saat itu, air masih dalam keadaan surut sehingga upaya penyelamatan korban cepat dilakukan oleh warga. Adi, salah seorang warga setempat menuturkan sebelumnya jembatan yang juga dikenal sebagai "Jembatan Kuning" itu memang beberapa kali mengalami kerusakan dan sudah diperbaiki.

Kondisi jembatan yang sudah tua diduga turut menjadi penyebab ambruknya penghubung akses darat Nusa Lembongan-Nusa Ceningan.

Jembatan itu ramai dilakui warga karena Kecamatan Nusa Penida tengah menggelar Nyepi Segara setelah sebelumnya digelar Puncak Upacara Ngusaba.

Informasi dari panitia Ngusaba, Mangku Nyoman Dunia, upacara Ngusaba merupakan rangkaian upacara Pembersihan Buana Alit dan Buana Agung khususnya di Segara.

Informasi berbagai pihak, korban tewas dan luka-luka. Namun, santer berembus kabar jika jumlah korban sementara 8 orang warga lokal sebelumnya melakukan persembahyangan di Pura Bakung.

Dilaporkan, 18 orang warga mengalami luka-luka. Pihak kepolisian juga kini hingga kini masih mendata identitas korban.

Kabag Humas Klungkung I Wayan Parna menyatakan, Jembatan roboh lantaran kelebihan orang atau kelebihan beban.

Rencanaya, Bupati Klungkung akan meninjau lokasi pada Senin (17/10/2016). (rhm)

Baca : Ini Penyebab Ambruknya Jembatan Penghubung di Nusa Penida

Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi