Jambore Nasional Personil PKP-PK di Angkasa Pura Ngurah Rai

Rabu, 19 Oktober 2016 : 22.59
DENPASAR - Sebanyak 80 personel  PT Angkasa Pura I mengikuti Jambore Nasional untuk personil Pertolongan Kecelakaan Penerbangan – Pemadam Kebakaran (PKP-PK) di Bumi Perkemahan Segara Mantra Pulau Serangan Denpasar.

Jambore ini melibatkan PT Angkasa Pura II dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Dalam kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari ini bekerjasama dengan Korem 163 Wirasatya sebagai instruktur pembina.

Kegiatan didesain pada lingkungan terbuka untuk menyusaikan kondisi alam pada saat terjadinya peristiwa kecelakaan.

Rintangan dan hambatan dibuat menyerupai kejadian sesungguhnya agar personil dapat dilatih secara maksimal untuk melakukan penyelamatan.

Diantaranya, metode pelatihan water rescue, fire fighting challange, simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) laut, dan team and character building.

Dalam kegiatan ini, para personil juga diberikan kesempatan untuk bertukar pengalaman antar personil mengenai teknik penanganan kecelakaan dan lingkungan pada tiap – tiap bandara yang berbeda – beda.

Direktur Operasi PT Angkasa Pura I, Wendo Asrul Rose, mengatakan fokus utama kegiatan bukan hanya untuk mengoptimalkan seluruh potesi dan kemampuan para personil, namun juga memiliki sasaran untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan para peserta.

Bagaimana peserta memiliki wawasan  dalam pembentukan karakter dan memaknai serta mengimplementasikan nilai – nilai positif yang akan dibawa ke tempat tugasnya masing – masing.

Kegiatan merupakan salah satu langkah kami untuk mewujudkan komitmen dalam menerapkan grand policy pemerintah “Road Map to Zero Accident”.

"Inilah usaha kami untuk menyiapkan institusi serta para personil PKP-PK yang secara serius diberi tanggung jawab melakukan penanggulangan kejadian kecelakaan penerbangan yang meliputi kesiapan dari aspek human resources, main & support facility and procedures,”tambah Wendo.

Sehari sebelumnya, PT Angkasa Pura I telah sukses menyelenggarakan latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada tanggal 18 Oktober 2016.

Tahun ini merupakan tahun kedua diselenggarakannya Jambore Nasional PKP-PK. Sebelumnya, kegiatan yang sama dilaksanakan juga pada Bulan November 2014 di Wana Wisata Sekipan Tawangmagu Karanganyar.

Kedepannya, PT Angkasa Pura I berkomitmen untuk mengupayakan agar Jambore ini digelar berkelanjutan guna menjaga dan meningkatkan performa serta ketrampilan setiap personil PKP-PK. (gek)

Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi