Iman Cuasa Kaget Panen Padi Semi Organik di Gianyar Melimpah

Sabtu, 22 Oktober 2016 : 08.40
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Iman Causa Karana ikut panen padi di Subak Getas Gianyar
GIANYAR - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Iman Causa Karana mengaku kaget setelah melihat sendiri hasil panen padi melimpah yang menggunakan sentuhan teknologi ramah lingkungan dibanding sebelumnya di Subak Getas Kabupaten Gianyar

Saat panen bersama yang merupakan pengembangan klaster padi dihadiri pula Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta dan para pejabat lainnya di Gianyar Jumat 21 Oktober 2016.

"Saya sangat kaget, bayangkan ya dari panen 5 ton menjadi 7 ton kemudian bisa sampai 10 ton perhektar, ini luar biasa, " puji Iman.

Hal itu juga sesuai data BPS yang menyebutkan terjadinya peningkatan produksi pertanian di wilayah setempat.

Karenanya, Iman sempat bertanya-tanya bagaimana bisa hasil panen meningkat sebesar itu,

Padahal, sebelumnya dengan sistem lama, hasil panen padi minim.

Kini dengan system of rice intensification (SRI), mengkombinasikan dengan jajar legowo 2:1 serta penggunaan pupuk organik berbasis MA-11 yang ramah lingkungan, akhirnya terjadi peningkatan hasil panen.

"Saya senang sekali, bisa dikatakan ini sangat berhasil, luasan tanam dari lima ton menjadi 10 ton, dua kali lipat hasilnya," imbuh Iman.

Dengan demikian, diharapkan, hasil itu bisa memnacing daerah lainnya agar bisa melakukan hal serupa.

Tentu saja, itu semua harus mendapat dukungan Dinas Pertanian atau pemerintah setempat serta komitmen masyarakat.

"BI ini kan seperti pancing saja, kita mendorong seperti halnya komoditas strategis lainnya cabai, bawang termasuk komoditas ekspor kopi," imbuhnya.

Panen padi merupakan kerja sama dan sinergi dari Kantor Perwakilan BI Bali, Pemerintah Provinsi Bali, Pemkab Gianyar dan Kodim 1616/Gianyar. (rhm)



Berita Pilihan
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi