HUT Kota Tabanan Ke-523, Bupati Eka Dorong Ekonomi Kreatif

Jumat, 28 Oktober 2016 : 18.28
TABANAN – Peringatan HUT Kota Tabanan Ke-523 pada tahun ini yang pelaksanaannya tidak lagi terpusat diharapkan mampu memberi ruang yang luas bagi masing-masing kecamatan untuk menampilkan potensi unggulannya.

Salah satunya memberi ruang bagi tampilnya sektor Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM), terlebih berbasis ekonomi kreatif.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menakankan itu, saat menghadiri Pesta Rakyat serangkaian peringatan HUT Kota Tabanan Ke-523 di Kecamatan Selemadeg Barat.

Pengembangan UMKM yang berbasis ekonomi kreatif sangat penting.

Saat memantau stan-stan pameran di areal Pesta Rakyat, Bupati Eka memberikan apresiasi kepada stan kerajinan batok kelapa milik Kelompok Tani (Poktan) Satwa Amerta dari Desa Mundeh.

Sebetulnya banyak UMKM dan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) di Selemadeg Barat yang punya produk bagus-bagus.

"Mereka berusaha masuk ke ranah ekonomi kreatif,” ucap Bupati Eka saat memberikan sambutan.

Tinggal sekarang, UMKM dan seluruh BUMDes diajak koordinasi dan komunikasi. Sehingga produk yang mereka hasilkan nantinya mampu diterima pasar serta tidak kalah saing.

“Sebagian ada juga yang packaging atau pengemasannya belum diperhatikan. Padahal ini penting untuk meningkatkan daya jual,” katanya.

Yang paling penting, memberikan mereka jalan untuk menunjukkan hasil produksinya lewat ajang pameran.

“Makanya saya minta agar BUMDes yang ada dipantau. Agar bisa maju dan sukses. Kalau bisa berikan juga kesempatan mereka untuk pameran,” tandasnya.

Sebelumnya, Camat Selemadeg Barat I Gede Ketut Suyana Putra memberikan laporan bahwa kegiatan Pesta Rakyat di wilayahnya telah didahului dengan parade budaya yang berlangsung sejak pukul 14.00 Wita. Parade budaya ini melibatkan para siswa dan seniman.

Kegiatan diisi pagelaran kesenian, pesraman yang melibatkan desa pekraman, serta pameran oleh BUMDEs, Poktan, dan KWT atau Kelompok Wanita Tani. (gus)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi