Festival Kerambitan Awali Rangkaian HUT Kota Tabanan

Sabtu, 08 Oktober 2016 : 18.46
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti nyalakan obor tandai dibukanya Fesyival Kerambitan #2
TABANAN – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti secara resmi membuka Festival Kerambitan #2 di lapangan umum Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Bali, Jumat (7/10/2016) malam.

Pembukaan festival yang digelar untuk kali kedua uang mengusung tema Vasudhaiva Kutumbakan, Living in Peace and Harmony ini, berlangsung dengan meriah dan ditandai dengan penyalaan obor sekaligus mengawali rangkaian HUT Kota Tabanan Ke-523.

Turut mendampingi Bupati Tabanan,   Raja Puri Gede Kerambitan Ida Anglurah Kerambitan XII, Ketua DPRD Tabanan I Ketut Suryadi, Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa dan Camat Kerambitan I Gede Sukanada.

Seremoni tersebut kemudian disusul dengan pementasan kesenian Okokan dan Tektekan yang menjadi ikon Kecamatan Kerambitan. Kesenian tersebut dikemas dalam sebuah fragmentari kolosal yang dibawakan ratusan seniman dan pemuda-pemudi Kerambitan.

Dalam sambutannya, Bupati Eka menyampaikan apresiasinya yang tinggi terhadap pelaksanaan Festival Kerambitan #2. “Saya betul-betul terharu, bersyukur, dan berterima kasih dengan adanya festival ini,” kata Bupati Eka.

Dikatakan, Festival Kerambitan #2 juga menjadi rangkaian awal peringatan HUT Kota Tabanan Ke-523 di tahun ini. Sebab kebetulan, di tahun ini peringatan HUT Kota Tabanan tidak lagi terpusat di kota, melainkan tersebar di masing-masing kecamatan.

“Tujuannya tiada lain untuk lebih mengingatkan bahwa dari kitalah (desa dan kecamatan), Tabanan ini bisa maju dan sukses. Kita ingin mengangkat seni dan budaya yang kita miliki. Begitu juga rasa cinta tanah air. Rasa cinta pada daerahnya. Dan, tentu mau menjaga dan memberikan yang terbaik untuk daerahnya,” tegasnya.

Karena itu, dirinya memandang Festival Kerambitan perlu dimasukkan ke dalam kalender tahunan. Begitu juga dengan festival lainnya yang ada di Tabanan seperti Festival Tanah Lot dan Festival Ulundanu Beratan.

“Di kesemptan ini juga, saya harapkan kecamatan-kecamatan yang lainnya ayo bikin festival seperti ini untuk bisa mengangkat warisan budaya dan leluhur kita dan membangkitkan rasa bangga kita terhadap Tabanan,” tandasnya.

 Meski baru dibuka secara resmi pada Jumat (7/10/2016), kegiatan Festival Kerambitan #2 ini sudah berlangsung sejak sehari sebelumnya atau Kamis (6/10/2016) dengan diadakannya pentas wayang kulit Cenk Blonk di tempat yang sama.

Festival ini akan berlangsung sampai dengan Minggu (9/10/2016) yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba mesatwa atau bercerita, lomba permainan tradisional anak-anak, lomba Ngelawar atau membuat Lawar, lomba Jegeg Bagus Kerambitan, dan kegiatan lainnya di antaranya pameran UMKM serta kuliner dari masing-masing desa di Kecamatan Kerambitan.  (gus)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi