Diskanlaut Tabanan Sosialisasikan Pakan Ikan Mandiri Berbahan Baku Lokal

Selasa, 04 Oktober 2016 : 17.25
Suasana Sosialisasi Pakan Mandiri yang dikemas dalam kegiatan Pelatihan Budidaya Ikan
TABANAN - Usaha budidaya ikan tidak bisa dilepaskan dari ketersediaan pakan. Biaya pakan ini merupakan bagian biaya produksi terbesar sehingga harus dicarikan solusinya agar harga pakan ikan ini bisa ditekan.

Salah satu solusi yang bisa diterapkan oleh para pembudidaya dan pembenih ikan di Kabupaten Tabanan, Bali, adalah memproduksi pakan secara mandiri berbahan baku lokal.

Terkait hal itu, Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlaut) Kabupaten Tabanan melakukan Sosialisasi Pakan Ikan Mandiri Berbasis Bahan baku lokal dalam kegiatan Pelatihan budidaya ikan dan  di Aula BBI Pesiapan, Selasa (4/10/2016).

Kepala Diskanlaut Kabupaten Tabanan I Made Subagia sebelum membuka secara resmi kegiatan dalam sambutannya mengungkapkan, bahan baku lokal yang bisa dimanfaatkan untuk pakan ikan, ragam dan jumlahnya cukup melimpah di Tabanan. "Bahan baku lokal ini bisa berupa bahan baku yang berasal dari hewani maupun nabati," ujarnya.

Subagia menghimbau, agar pembudidaya ikan bisa meningkatkan keuntungan, maka dalam melaksanakan usaha budidaya ikan harus memperhatikan segala macam aspek teknis, sosial dan ekonomi. Baik saat akan memulai usaha maupun ketika pelaksanaan usaha budidaya ikan.

Terkait hal itu, Subagia meminta kepada perwakilan Pokdakan peserta pelatihan agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik. "Melalui pelatihan ini kita harapkan pokdakan serta lembaga perbenihan yang ada di Kabupaten Tabanan bisa lebih diberdayakan dalam menekuni usaha budidaya ikan," katanya berharap.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelatihan I Made Muncan yang juga Kabid Perikanan Budidaya dalam laporannya mengemukakan kegiatan pelatihan dan sosialisasi pakan ikan mandiri ini diikuti 30 orang peserta yang berasal dari Pokdakan dan pengelola pakan ikan mandiri.

"Dalam Pelatihan ini juga sekaligus dilakukan sosialisai Program Peningkatan Produksi Pakan Ikan Mandiri Berbasis Bahan Baku Lokal (Pokari Sibakul)," paparnya.

Menurut Muncan, materi pelatihan yang diajarkan meliputi budidaya ikan secara umum. "Di antaranya adalah Cara Budidaya Ikan Yang Baik, Teknologi Pembuatan Pakan Secara Mandiri Berbahan baku lokal serta Pengendalian hama penyakit ikan," ujarnya.

Selain dihadiri peserta pelatihan, acara yang digelar selama sehari ini juga dihadiri stake holder terkait dari Koperasi Perikanan, UPP Karya Lestari, UPTD dan Penyuluh Perikanan. (gus)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi